Pada
tutorial kali ini akan dibahas mengenai rigging pada blender. Rigging itu
sendiri adalah metode pemberian/pemasangan kerangka pada objek untuk selanjutnya
dianimasikan. Secara sederhana rigging adalah proses pemberian tulang pada
objek agar objek dapat digerakkan sesuai persendian tulang yang telah disusun.
Tutorial ini akan membuat simulasi
pada blender, dengan simulasi kita bisa membuat objek berinteraksi dengan objek
lainnya seperti dunia nyata. Tabrakan, berat, elastisitas dan kekuatan bisa di
atur sedemikian rupa. Kali ini saya akan membuat simulasi air, api/asap dan
asap/gelombang.
LISTING & LOGIKA
Untuk
membuat simulasi ketiga tersebut, langkah-langkahnya sebagai berikut :
Membuat
Simulasi Air
Akan
dibutuhkan 2 cube dengan 2 ukuran
1.Membuat Cube
(1) berukuran agak besar
2.
Setelah itu, tekan tombol Z pada
keyboard agar cube (1) menjadi transparan
3.
Lalu tekan Shift+A pada keyboard
Mesh– tambahkan cube (2)
4.
Posisikan cube (2) berada didalam
cube(1) tepat di atas (menggantung)
5.
Klik kanan pada bagian cube(1)
dan cube (1) edge akan berwarna kuning
Setelah
itu, atur cube (1) pada bagian kanan pilih menu physics- fluid- ubah
type=domain
“type = domain, karena cube(1)
akan menjadi wadah atau objek dari air yang akan mengalir nanti”
6.
Selanjutnya,
klik kanan pada cube (2) sampai edge berwarna kuning, lalu ubah type= inflow
“type= inflow, karena cube(2) akan berada di
dalam cube(1) yang merupakan sumber air”
Lalu
untuk mengatur kecepatan air mengalir, atur pada bagian inflow velocity dan isikan pada sumbu x=2.000
7.
Klik kanan pada cube(1) pilih
Bake disebelah kanan
Setelah
dibake, sube (2) akan menjadi seperti berikut – play / Alt+A
Membuat
Simulasi Api
Akan
dibutuhkan 1 cube yang memanjang(balok)
dan 1 plane
1.
Buat ukuran cube(1) memanjang
dengan menekan S+Z
2.
Tekan huruf Z pada keyboard agar
cube(1) menjadi transparan
3.
Lalu tekan Shift+A pada keyboard
Mesh– tambahkan plane
4.
Atur plane berada di bawah tetapi
tidak terlalu bawah
5.
Klik kanan pada bagian cube(1)
dan cube (1) edge akan berwarna kuning
Pada bagian physics, pilih –Smoke- domain
6.
Klik kanan pada plane, lalu ubah
type=flow, dengan flow type= fire
Untuk
memberi warna pada api, dibagian bawah terdapat smoke color pilih warna
7.
Play atau dengan menekan Alt+A
Membuat Simulasi Asap/gelombang
Akan dibutuhkan circle dan plane
1.
Buat 1 circle dengan ukuran scale
global agak besar sedikit
2.
Tekan Shift+A pada circle lalu
tambahkan mesh-plane, atur posisi plane berada diatas circle
Klik
kanan pada circle, disebelah kanan pilih physics- force feld- type=turbulence
3.
Atur kekuatan/strength = 10.000 ,
lalu klik kanan pada plane sampai edge berwarna kuning- pilih soft body pada
bagian kanan
4.
Klik play atau dengan menekan
Shift+A
OUTPUT
Air
Api