-->

Blender : Membuat SImulasi Air dan Api

Pada tutorial kali ini akan dibahas mengenai rigging pada blender. Rigging itu sendiri adalah metode pemberian/pemasangan kerangka pada objek untuk selanjutnya dianimasikan. Secara sederhana rigging adalah proses pemberian tulang pada objek agar objek dapat digerakkan sesuai persendian tulang yang telah disusun.

            Tutorial ini akan membuat simulasi pada blender, dengan simulasi kita bisa membuat objek berinteraksi dengan objek lainnya seperti dunia nyata. Tabrakan, berat, elastisitas dan kekuatan bisa di atur sedemikian rupa. Kali ini saya akan membuat simulasi air, api/asap dan asap/gelombang.


LISTING & LOGIKA

Untuk membuat simulasi ketiga tersebut, langkah-langkahnya sebagai berikut :

Membuat Simulasi Air
Akan dibutuhkan 2 cube dengan 2 ukuran

1.Membuat Cube (1) berukuran agak besar


2.      Setelah itu, tekan tombol Z pada keyboard agar cube (1) menjadi transparan


3.      Lalu tekan Shift+A pada keyboard Mesh– tambahkan cube (2)


4.      Posisikan cube (2) berada didalam cube(1) tepat di atas (menggantung)


5.      Klik kanan pada bagian cube(1) dan cube (1) edge akan berwarna kuning

 

Setelah itu, atur cube (1) pada bagian kanan pilih menu physics- fluid- ubah type=domain

“type = domain, karena cube(1) akan menjadi wadah atau objek dari air yang akan mengalir nanti”

6.    Selanjutnya, klik kanan pada cube (2) sampai edge berwarna kuning, lalu ubah type= inflow

“type= inflow, karena cube(2) akan berada di dalam cube(1) yang merupakan sumber air”

 


Lalu untuk mengatur kecepatan air mengalir, atur pada bagian inflow velocity  dan isikan pada sumbu x=2.000


7.      Klik kanan pada cube(1) pilih Bake disebelah kanan 


Setelah dibake, sube (2) akan menjadi seperti berikut – play / Alt+A


Membuat Simulasi Api
Akan dibutuhkan 1 cube yang memanjang(balok)  dan 1 plane

1.         Buat ukuran cube(1) memanjang dengan menekan S+Z


2.         Tekan huruf Z pada keyboard agar cube(1) menjadi transparan


3.      Lalu tekan Shift+A pada keyboard Mesh– tambahkan plane


4.      Atur plane berada di bawah tetapi tidak terlalu bawah


5.      Klik kanan pada bagian cube(1) dan cube (1) edge akan berwarna kuning
Pada bagian physics, pilih –Smoke- domain



6.      Klik kanan pada plane, lalu ubah type=flow, dengan flow type= fire


 

Untuk memberi warna pada api, dibagian bawah terdapat smoke color pilih warna


7.      Play atau dengan menekan Alt+A


Membuat Simulasi Asap/gelombang
Akan dibutuhkan circle dan plane

1.      Buat 1 circle dengan ukuran scale global agak besar sedikit


2.      Tekan Shift+A pada circle lalu tambahkan mesh-plane, atur posisi plane berada diatas circle


Klik kanan pada circle, disebelah kanan pilih physics- force feld- type=turbulence

 


3.      Atur kekuatan/strength = 10.000 , lalu klik kanan pada plane sampai edge berwarna kuning- pilih soft body pada bagian kanan

 


4.      Klik play atau dengan menekan Shift+A



OUTPUT

Air


Api


Asap/Gelombang



























LihatTutupKomentar