-->

Blender : Membuat Animasi Pada Larva

Pada tutorial kali ini akan dibahas mengenai animasi pada blender. Animasi pada blender tidak lepas keterkaitannya dengan timeline, timeline itu sendiri merupakan fitur dari blender yang merupakan intruksi terkait dengan frame animasi atau untuk sequencer, timeline juga digunakan untuk mengatur animasi pada blender dan mengatur jalannya animasi.

Tutorial kali ini akan membuat larva atau cacing dengan pergerakan diatur di timeline.


LISTING & LOGIKA
Untuk membuat animasi tersebut, langkah-langkahnya sebagai berikut :

Membuat objek larva

1.      Add “UV Sphere” dengan posisi di depan (dapat menggunakan numpad 1 atau view- front)


2.      Lalu tekan huruf “Z” agar objek transparan


3.      Masuk ke Edit mode- pilih face pada bagian bawah


4.       Tekan “B”, lalu seleksi setengah lingkaran dan ambil bagian atasnya saja


5.       Extrude tekan”E” , tarik ke atas agar panjang searah sumbu Z


Pilh garis vertical yang mana saja pada “uv sphere”, lalu klik kanan dan tekan ctrl+r hingga muncul garis berwarna pink , scroll mouse untuk memperbanyak garisnya . klik sampai garis berwarna kuning


6.      Pada workspace terdapat tanda (+) pada bagian atas, lalu klik - ubah 3D cursor untuk sumbu x y z dibuat 0 hingga titik kordinat pada “uv sphere” tepat di tengah-tengah

 

7.      Lalu masuk ke object mode, tekan ” Z” sampai uv sphere menjadi abu-abu


Tekan Shift+S  pilih - cursor to center


8.      Tekan Shift+A  plih Armature- single bone
single bone sendiri digunakan dalam proses rigging, rigging merupakan pemeberian struktur pada objek 3D agar ke depannya objek 3D tersebut dapat digerakkan melalui tulang tersebut.


Agar bone terlihat didalam objek, atur di sebelah kanan terdapat object, centang x-ray dan bone akan terlihat


9.      Tarik bone agar pas dengan panjang “uv sphere” dengan cara tekan S Z


10.      Perbanyak bone menjadi  8 agar larva dapat digerakan secara laluasa, dengan cara masuk ke edit mode- tekan w lalu pilih subdivide sampai bone menjadi 8, pastikan bone di seleksi / bone bergaris kuning


11.      Selanjutnya masuk ke object mode- select “uv sphere” lalu select bone nya
Tekan ctrl+p pilih with automatic weight
berguna  agar pada saat membuat gerakkan maka object akan ikut bergerak


12.      Lalu select bone – pose mode hingga bone berwarna biru


Membuat animasi

1.       Masuk ke timeline, klik pada posisi 0 hingga garis berwarna hijau, tekan I lalu locrotscale
artinya semua aktifitas kita baik scale, rotate dan merubah posisi di simpan dalam timeline



2.      Lalu select salah satu bone, atur timeline dengan posisi bone yang berbeda, setiap membuat pergerakan selalu tekan I pilh locrotscale untuk mengunci ukuran atau posisinya


3.      Play untuk melihat hasil sementra, menekan ALT+A


4.      Langkah terakhir adalah render, sebelumnya atur kamera agar objek terlihat sepenuhnya dengan cara menekan angka 0 pada numpad


Save dengan format AVI.JPEG simpan dalam folder , lalu render animation

 



OUTPUT


LihatTutupKomentar