Pada tutorial
kali ini akan dibahas mengenai animasi pada blender. Animasi pada blender tidak
lepas keterkaitannya dengan timeline, timeline itu sendiri merupakan fitur dari
blender yang merupakan intruksi terkait dengan frame animasi atau untuk
sequencer, timeline juga digunakan untuk mengatur animasi pada blender dan
mengatur jalannya animasi.
Tutorial kali ini akan membuat larva atau
cacing dengan pergerakan diatur di timeline.
LISTING
& LOGIKA
Untuk membuat animasi tersebut,
langkah-langkahnya sebagai berikut :
Membuat objek larva
1. Add “UV
Sphere” dengan posisi di depan (dapat menggunakan numpad 1 atau view- front)
2.
Lalu tekan huruf “Z” agar objek
transparan
3.
Masuk ke Edit mode- pilih face
pada bagian bawah
4.
Tekan “B”, lalu seleksi setengah
lingkaran dan ambil bagian atasnya saja
5.
Extrude
tekan”E” , tarik ke atas agar panjang searah sumbu Z
Pilh
garis vertical yang mana saja pada “uv sphere”, lalu klik kanan dan tekan
ctrl+r hingga muncul garis berwarna pink , scroll
mouse untuk memperbanyak garisnya . klik sampai garis berwarna kuning
6.
Pada workspace
terdapat tanda (+) pada bagian atas, lalu klik - ubah 3D
cursor untuk sumbu x y z dibuat 0 hingga titik kordinat pada “uv
sphere” tepat di tengah-tengah
7.
Lalu masuk ke object mode, tekan
” Z” sampai uv sphere menjadi abu-abu
Tekan
Shift+S pilih - cursor to center
8.
Tekan Shift+A plih Armature- single bone
single bone sendiri digunakan dalam proses rigging, rigging
merupakan pemeberian struktur pada objek 3D agar ke depannya objek 3D tersebut
dapat digerakkan melalui tulang tersebut.
Agar
bone terlihat didalam objek, atur di sebelah kanan terdapat object, centang
x-ray dan bone akan terlihat
9.
Tarik bone agar pas dengan
panjang “uv sphere” dengan cara tekan S Z
10.
Perbanyak bone menjadi 8 agar larva dapat digerakan secara laluasa,
dengan cara masuk ke edit mode- tekan w lalu pilih subdivide sampai bone
menjadi 8, pastikan bone di seleksi / bone bergaris kuning
11.
Selanjutnya masuk ke object mode-
select “uv sphere” lalu select bone nya
Tekan
ctrl+p pilih with automatic weight
berguna agar pada saat membuat gerakkan maka object akan ikut bergerak
12.
Lalu select bone – pose mode
hingga bone berwarna biru
Membuat
animasi
1.
Masuk ke
timeline, klik pada posisi 0 hingga garis berwarna hijau, tekan I lalu locrotscale
artinya semua aktifitas kita baik scale, rotate dan merubah posisi
di simpan dalam timeline
2.
Lalu select salah satu bone, atur
timeline dengan posisi bone yang berbeda, setiap membuat pergerakan selalu
tekan I pilh locrotscale untuk mengunci ukuran atau posisinya
3.
Play untuk melihat hasil sementra,
menekan ALT+A
4.
Langkah terakhir adalah render,
sebelumnya atur kamera agar objek terlihat sepenuhnya dengan cara menekan angka
0 pada numpad
Save
dengan format AVI.JPEG simpan dalam
folder , lalu render animation
OUTPUT