Pada tutorial kali ini akan dibahas mengenai material dan
tekstur. Material sendiri pada dasarnya adalah shader atau karakteristik
permukaan objek dimana berfungsi untuk memberikan kesan realistis terhadap
sebuah objek, terutama pada kesan permukaan atau kulit objek. Sedangkan tekstur
sendiri adalah gambar atau image yang ditempelkan misalnya kayu, besi atau
lainnya yang memiliki nilai seni agar terlihat lebih indah dan menarik pada
objek.
Tutorial ini akan membuat 1 kursi, 1 meja dengan cermin di
depannya di dalam sebuah ruangan yang diberi tekstur dan material pada objek.
LISTING & LOGIKA
Langkah-langkahnya
sebagai berikut :
1.
Buka aplikasi Blender,
setelah itu akan muncul dengan tampilan awal
2.
Dalam tampilan workspace
akan terdapat sebuah cube yang merupakan objek dasar untuk membuat sebuah objek
yang akan dibuat, disini saya akan membuat meja terlebih dahulu.
3.
Setelah itu, masih pada
objek mode kita tekan huruf S pada keyboard, fungsinya yaitu untuk menscale
yaitu memperbesar atau memperkecil sebuah objek, dan terdapat sumbu x,y,z untuk
menarik objek sesuai keinginan melebar, memanjang atau mempertebal objek.
4.
Untuk membuat, kaki meja
dengan masuk pada edit mode, lalu buat garis dengan menekan ctrl+r yang akan
membentuk sub-sub garis sesuai yang kita inginkan
5.
Setelah terbentuk garis
pada langkah no(4) lalu klik pada bagian faces dan seleksi faces yang akan kita
tarik dengan menekan huruf E pada keyboard
6.
Setelah terbentuk meja,
lalu akan dibuat kursi dengan cara yang sama, pertama masuk pada properties
pilih create- cube karena akan dibuat kursi, jangan lupa sebelum mengcreate
harus di ubah dulu ke objek mode agar tidak menyatu dengan cube meja.
7.
Selanjutnya membuat
ruangan, yang akan dibuat dari cube seperi halnya meja dan kursi, masuk pada
menu properties lalu create-cube. Ubah type menjadi edit mode
8.
Setelah itu seleksi cube
tersebut dengan menyeleksi bagian atas kiri dan kanan
9.
Scale cube tersebut agar
besar, lalu rapikan kursi meja tersebut di sudut
Membuat
cermin , material
Selanjutnya yaitu membuat cermin, dan memberi material pada
cermin dengan efek mirror yang nanti akan dapat memantul dan membuat bayangan
pada objek di depannya.
1.
Masuk pada bagian
properties, lalu pilih plane. Untuk posisinya dapat menggunakan rotate pada
properties bagian tools, atur rotate dengan bantuan sumbu X, Y, Z.
2.
setelah terbentuk
cermin, masuk pada properties pilih material. Checklist pada bagian mirror dan
ubah recflectivity menjadi 0,8
Memberi
tekstur
Selanjutnya yaitu memberi tekstur pada objek, agar objek
terlihat lebih nyata, yang akan diberi disini yaitu tekstur kayu dengan tekstur
kayu yang berbeda-beda setiap objeknya.
1.
Masuk pada menu properties,
pilih texture (untuk memakai tekstur kayu) lalu pilih new-open
2.
Kemudian masuk pada
penyimpanan tekstur , saya menyimpan di document lalu pilih tekstur yang akan
kita pakai. (menggunakan 3 tekstur kayu)
3. Setelah
menentukan tekstur yang dipilih, lalu pilih objek sesuai tekstur yang akan dipakai,
4. Pada tampilan sebelum di render memang tidak akan terlihat, tetapi setelah
di render dengan menekan f12 maka akan terlihat hasilnya
OUTPUT