-->

Blender : Membuat Cermin Dan Meja Rias Menggunakan Material Dan Tekstur

Pada tutorial kali ini akan dibahas mengenai material dan tekstur. Material sendiri pada dasarnya adalah shader atau karakteristik permukaan objek dimana berfungsi untuk memberikan kesan realistis terhadap sebuah objek, terutama pada kesan permukaan atau kulit objek. Sedangkan tekstur sendiri adalah gambar atau image yang ditempelkan misalnya kayu, besi atau lainnya yang memiliki nilai seni agar terlihat lebih indah dan menarik pada objek.

Tutorial ini akan membuat 1 kursi, 1 meja dengan cermin di depannya di dalam sebuah ruangan yang diberi tekstur dan material pada objek.


LISTING & LOGIKA

Langkah-langkahnya sebagai berikut :

1.      Buka aplikasi Blender, setelah itu akan muncul dengan tampilan awal 


2.      Dalam tampilan workspace akan terdapat sebuah cube yang merupakan objek dasar untuk membuat sebuah objek yang akan dibuat, disini saya akan membuat meja terlebih dahulu.


3.      Setelah itu, masih pada objek mode kita tekan huruf S pada keyboard, fungsinya yaitu untuk menscale yaitu memperbesar atau memperkecil sebuah objek, dan terdapat sumbu x,y,z untuk menarik objek sesuai keinginan melebar, memanjang atau mempertebal objek.


4.      Untuk membuat, kaki meja dengan masuk pada edit mode, lalu buat garis dengan menekan ctrl+r yang akan membentuk sub-sub garis sesuai yang kita inginkan


5.      Setelah terbentuk garis pada langkah no(4) lalu klik pada bagian faces dan seleksi faces yang akan kita tarik dengan menekan huruf E pada keyboard


6.      Setelah terbentuk meja, lalu akan dibuat kursi dengan cara yang sama, pertama masuk pada properties pilih create- cube karena akan dibuat kursi, jangan lupa sebelum mengcreate harus di ubah dulu ke objek mode agar tidak menyatu dengan cube meja.


7.      Selanjutnya membuat ruangan, yang akan dibuat dari cube seperi halnya meja dan kursi, masuk pada menu properties lalu create-cube. Ubah type menjadi edit mode


8.      Setelah itu seleksi cube tersebut dengan menyeleksi bagian atas kiri dan kanan 


9.      Scale cube tersebut agar besar, lalu rapikan kursi meja tersebut di sudut 


Membuat cermin , material
Selanjutnya yaitu membuat cermin, dan memberi material pada cermin dengan efek mirror yang nanti akan dapat memantul dan membuat bayangan pada objek di depannya.

1.      Masuk pada bagian properties, lalu pilih plane. Untuk posisinya dapat menggunakan rotate pada properties bagian tools, atur rotate dengan bantuan sumbu X, Y, Z.


2.      setelah terbentuk cermin, masuk pada properties pilih material. Checklist pada bagian mirror dan ubah recflectivity menjadi 0,8


Memberi tekstur
Selanjutnya yaitu memberi tekstur pada objek, agar objek terlihat lebih nyata, yang akan diberi disini yaitu tekstur kayu dengan tekstur kayu yang berbeda-beda setiap objeknya.

1.      Masuk pada menu properties, pilih texture (untuk memakai tekstur kayu) lalu pilih new-open

 

2.      Kemudian masuk pada penyimpanan tekstur , saya menyimpan di document lalu pilih tekstur yang akan kita pakai. (menggunakan 3 tekstur kayu)

 Tekstur : Dinding

Tekstur : Meja

 Tekstur : Kursi

3.      Setelah menentukan tekstur yang dipilih, lalu pilih objek sesuai tekstur yang  akan dipakai, 

4.      Pada tampilan sebelum di render memang tidak akan terlihat, tetapi setelah di render dengan menekan f12 maka akan terlihat hasilnya


OUTPUT



















LihatTutupKomentar