Pada tutorial
kali ini akan dibahas mengenai penggunaan aplikasi Blender yang akan di gunakan
selama praktikum grafik computer.
Blender
merupakan program 3D dan animasi yang bersifat opensource, bebas untuk
dikembagkan oleh penggunanya. Blender merupakan salah satu program modeling 3D
dan animasi. Blender menggunakan OpenGL sebagai render grafiknya yang dapat
digunakan pada berbagai macam sistem operasi.
Perintah-perintah yang
terdapat dalam software blender memang disederhanakan dengan menggunakan
keyboard shortcut. Hal lain yang harus dibiasakan dari blender ini adalah
penggunaan klik kiri dan klik kanan yang berbeda fungsi dengan kebanyakan
software 3D lainnya. Untuk dapat menyeleksi atau mengaktifkan objek adalah
dengan menggunakan klik kanan. Berikut shortcut yang sering digunakan :
Basics
|
|
Select
|
Right
Click
|
Pan
|
Middle
Click
|
Zoom
|
Mouse
Wheel
|
Add Objek
|
Shift + A
|
Delete
|
X
|
Save FIle
|
Ctrl + S
|
Render
|
F12
|
Movements
|
|
Move
|
G
|
Rotate
|
R
|
Scale
|
S
|
Navigation
|
|
Top View
|
Numpad 7
|
Front View
|
Numpad 1
|
Side VIew
|
Numpad 3
|
Camera
View
|
Numpad o
|
Zoom to Objek
|
Numpad .
|
General
|
|
Duplicate
|
Shift + D
|
Mirror
|
Ctrl + M
|
Selection
|
|
Select Objek
|
Right
Click
|
Select All
|
A
|
Modelling
|
|
Make Face
|
F
|
Extrude
|
E
|
Separate
|
P
|
1. Info
window, hanya terdiri dari sebuah header.
1. 3D
window/ 3D view
2.
Outliner
window
3. Properties
window/ Buttons window dibagian kanan bawah
4. Timeline
window
LISTING
& LOGIKA
Tutorial
ini akan membahas mengenai pembuatan meja dan kursi pada blender, untuk
memulainya pertama kali kita buka blender, lalu akan muncul tampilan berikut:
Gambar (1)
tampilan awal ketika kita membuka blender
Gambar
(2) tampilan menu toolbar untuk umum, yang terdapat :
Skala, rotate, origin delete, join,
translate, dsb. Untuk memberikan perubahan dasar pada objek cube (objek
default).
1. Membuat meja
dan kursi
Ø Klik File-New, atau bisa menekan tombol di keyboard ctrl+n dan akan muncul
tampilan seperti gambar(1).
Ø Setelah masuk pada aplikasi blender tersebut, pada gambar diatas adalah
gambar berbentuk kubus. Dimana kubus tersebut menjadi bahan dasar untuk membuat
meja. Seleksi pada objek kubus tersbut (klik kanan mouse) – klik S pada
keyboard, lalu atur arah searah sumbu x/y/z (sambil menekan scroll pada mouse
dan arahkan sesuai sumbu).
Ø Agar kubus menjadi pipih dan panjang gunakan S+Z dan S+Y untuk melebarkan objek
tersebut, hingga seperti papan. Sesuaikan dengan selera.
Setelah itu kita mulai mengedit papan tesebut, untuk masuk ke edit mode
tekan tab pada keyboard hingga objek tersebut berwarna kuning
2. Membuat garis-garis pada objek
Lalu kita buat garis untuk memudahkan membuat
kaki-kaki meja yang akan dibuat. Awalnya kita buat garis searah dengan sumbu z
dengan menekan di keyboard ctrl+r lalu gunakan scroll pada mouse untuk
membentuk garis berwarna pink nya, setelah selesai ketik enter pada keyboard.
Buat lagi searah sumbu y dengan perintah yang sama (ctrl+r) + scroll
mouse.
3. Membuat kaki-kaki pada meja
Untuk membuat kaki-kaki mejanya, kita harus
menyeleksi dulu bagian yang dipilih menggunakan “face select” (ctrl+tab – face
seleact).
Lalu arahkan kebawah bagian objek, (menahan tombol scroll
pada mouse+arahkan mouse kebawah objek) dengan menggunakan perintah tekan
shift+klik kanan mouse seperti berikut :
Setelah sudut bagian bawah terseleksi saat-nya
untuk menarik bagian yang terseleksi tersebut dengan menekan huruf “e” sekali
saja pada keyboard. Dan sesuaikan tingginya dengan keinginan kita.
Setelah itu kita akan membuat kursi, langkah- langkahnya sama
seperti di atas
Jika kursi sudah terbentuk
satu, untuk menjadi empat hanya dengan duplicate yang terdapat pada tools, lalu
aturlah kursi dengan menekan huruf G pada keyboard. Untuk memutar arah gunakan
rotate pada tools.
4. Mewarnai objek
Setelah itu kita akan memberi warna pada objek. Dengan cara
klik world” yang berada di kanan layar(yang bergambar bola dunia) lalu pilih
difuse.
OUTPUT
-