-->

Blender : Membuat Meja Makan Sederhana

Pada tutorial kali ini akan dibahas mengenai penggunaan aplikasi Blender yang akan di gunakan selama praktikum grafik computer.
            Blender merupakan program 3D dan animasi yang bersifat opensource, bebas untuk dikembagkan oleh penggunanya. Blender merupakan salah satu program modeling 3D dan animasi. Blender menggunakan OpenGL sebagai render grafiknya yang dapat digunakan pada berbagai macam sistem operasi.
Perintah-perintah yang terdapat dalam software blender memang disederhanakan dengan menggunakan keyboard shortcut. Hal lain yang harus dibiasakan dari blender ini adalah penggunaan klik kiri dan klik kanan yang berbeda fungsi dengan kebanyakan software 3D lainnya. Untuk dapat menyeleksi atau mengaktifkan objek adalah dengan menggunakan klik kanan. Berikut shortcut yang sering digunakan :

Basics
Select
Right Click
Pan
Middle Click
Zoom
Mouse Wheel
Add Objek
Shift + A
Delete
X
Save FIle
Ctrl + S
Render
F12
Movements

Move
G
Rotate
R
Scale
S
Navigation
Top View
Numpad 7
Front View
Numpad 1
Side VIew
Numpad 3
Camera View
Numpad o
Zoom to Objek
Numpad .
General
Duplicate
Shift + D
Mirror
Ctrl + M
Selection

Select Objek
Right Click
Select All
A
Modelling
Make Face
F
Extrude
E
Separate
P


1.      Info window, hanya terdiri dari sebuah header.
1.      3D window/ 3D view
2.      Outliner window
3.      Properties window/ Buttons window dibagian kanan bawah
4.      Timeline window


LISTING & LOGIKA

Tutorial ini akan membahas mengenai pembuatan meja dan kursi pada blender, untuk memulainya pertama kali kita buka blender, lalu akan muncul tampilan berikut:

Gambar (1) tampilan awal ketika kita membuka blender

Gambar (2) tampilan menu toolbar untuk umum, yang terdapat :

Skala, rotate, origin delete, join, translate, dsb. Untuk memberikan perubahan dasar pada objek cube (objek default).

1.      Membuat meja dan kursi
Ø  Klik File-New, atau bisa menekan tombol di keyboard ctrl+n dan akan muncul tampilan seperti gambar(1).
Ø  Setelah masuk pada aplikasi blender tersebut, pada gambar diatas adalah gambar berbentuk kubus. Dimana kubus tersebut menjadi bahan dasar untuk membuat meja. Seleksi pada objek kubus tersbut (klik kanan mouse) – klik S pada keyboard, lalu atur arah searah sumbu x/y/z (sambil menekan scroll pada mouse dan arahkan sesuai sumbu).
Ø  Agar kubus menjadi pipih dan panjang gunakan S+Z dan S+Y untuk melebarkan objek tersebut, hingga seperti papan. Sesuaikan dengan selera.


Setelah itu kita mulai mengedit papan tesebut, untuk masuk ke edit mode tekan tab pada keyboard hingga objek tersebut berwarna kuning


2.      Membuat garis-garis pada objek
Lalu kita buat garis untuk memudahkan membuat kaki-kaki meja yang akan dibuat. Awalnya kita buat garis searah dengan sumbu z dengan menekan di keyboard ctrl+r lalu gunakan scroll pada mouse untuk membentuk garis berwarna pink nya, setelah selesai ketik enter pada keyboard.


Buat lagi searah sumbu y dengan perintah yang sama (ctrl+r) + scroll mouse.


3.      Membuat kaki-kaki pada meja
Untuk membuat kaki-kaki mejanya, kita harus menyeleksi dulu bagian yang dipilih menggunakan “face select” (ctrl+tab – face seleact).
Lalu arahkan kebawah bagian objek, (menahan tombol scroll pada mouse+arahkan mouse kebawah objek) dengan menggunakan perintah tekan shift+klik kanan mouse seperti berikut :


Setelah sudut bagian bawah terseleksi saat-nya untuk menarik bagian yang terseleksi tersebut dengan menekan huruf “e” sekali saja pada keyboard. Dan sesuaikan tingginya dengan keinginan kita.


Setelah itu kita akan membuat kursi, langkah- langkahnya sama seperti di atas


Jika kursi sudah terbentuk satu, untuk menjadi empat hanya dengan duplicate yang terdapat pada tools, lalu aturlah kursi dengan menekan huruf G pada keyboard. Untuk memutar arah gunakan rotate pada tools.


4.      Mewarnai objek
Setelah itu kita akan memberi warna pada objek. Dengan cara klik world” yang berada di kanan layar(yang bergambar bola dunia) lalu pilih difuse.



OUTPUT

















- 









LihatTutupKomentar