-->

CISCO : Membuat Simulasi Jaringan Sederhana

Tutorial kali ini yaitu pengenalan Cisco Packet Tracer, dimana akan dibahas mengenai berbagai macam jenis kabel, topologi jaringan, dan yang akan dibuat pula sebuah simulasi jaringan sederhana yang diberi alamat IP Address pada masing-masing PC.
Cisco packet tracer adalah sebuah software simulasi jaringan. Sebelum melakukan konfigurasi jaringan yang sesungguhnya terlebih dahulu dilakukan simulasi menggunakan software ini. Simulasi ini sangat bermanfaat jika sebuah jaringan yang kompleks namun hanya memiliki komponen fisik yang terbatas.
Kabel jaringan merupakan salah satu media transmisi yang digunakan pada jaringan computer agar setiap computer/perangkat yang tergabung didalamnya bisa saling berkomunikasi. Selain menggunakan kabel terdapat juga media transmisi yang tidak menggunakan kabel yang lebih sering kita sebut wireless. Pada OSI Layer, media komunikasi menempati posisi paling bawah yaitu Physical Layer.

Macam-macam kabel jaringan :

Kabel Coaxial
Kabel coaxial adalah jenis kabel yang terdiri atas dua penghantar dimana salah satu penghantarnya berada di tengah kabel dan dikelilingi oleh penghantar satunya lagi dengan pola melingkar. Prinsip kerja coaxial dengan cara menghantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan.


Kabel Twisted Pair
Kabel twisted pair merupakan kabel jaringan yang di dalamnya terdiri atas beberapa kabel yang saling berpasangan. Sama seperti kabel coaxial, cara kerja dari kabel twisted pair adalah dengan menghantarkan arus atau sinyal listrik dari sumber ke tujuan. Kabel twisted pair terbagi atas jenis yaitu STP (Shiled Twisted Pair) dan UTP (Unshielded Twisted Pair).


STP adalah jenis kabel yang memiliki selubung pembungkus tembaga/alumunium foil yang khusus dirancang untuk mengurangi gangguan elektrik. UTP adalah kabel yang terdiri dari 4 pasang kabel terpilin mirip kabel telepon.

Untuk Kabel Twisted pair sendiri jangkauannya tidak lebih jauh dari 100meter, Kecepatannya bervariasi mulai dari 10 Megabit per detik sampai 10000megabit/detik atau 10 Gigabit per detik.

Kabel Fiber Optik
Kabel fiber optic terbuat dari serat kaca atau plastic yang sangat tipis. Karena terbuat dari kaca, sinyal yang dikirim oleh FO ini berupa cahaya dari sumber ke tujuan. Kabel transmisi ini lebih cepat dibandingkan dengan dua kabel sebelumnya salah satu kelemahan dari kabel ini adalah gangguan (noise) yang sering terjadi apabila terkekuk walaupun hanya sedikit.


Itulah beberapa jenis kabel jaringan komputer. Kabel coaxial biasanya digunakan untuk topologi bus. INstallasi CCTV juga biasanya menggunakan kabel coaxial. Jenis kabel fiber optik biasanya untuk tipe jaringan yang besar. Kabel UTP lebih cocok untuk installasi jaringan LAN.

ALUR- LOGIKA JARINGAN

Pertama kali untuk membuat simulasi jaringan, kita buka cisco packet tracer, klik 2 kali dan akan muncul tampilan awal seperti berikut :


Yang akan di buat untuk laporan akhir ini yaitu, simulasi jaringan pada 2 ruangan LAB TI. Untuk membuat konfigurasi jaringan kita tentukan terlebih dahulu device yang digunakan. Untuk menambahkan device ke area kerja, maka dapat dilakukan langkah-langkah berikut :

§  Pilih salah satu device yang akan ditambahkan dengan cara klik iconnya
§  Pilih salah satu jenis device yang akan ditambahkan dengan cara klik dan drag atau klik salah satu icon kemudian klik pada area kerja.
§  Disini akan di tambahkan untuk 1 LAB 4 PC, 2 Switch dan 1 server begitu juga LAB 2, jadi total 9 PC, 2 Switch dan 2 Server.


Kemudian setting IP address masing-masing PC. Klik salah PC 0 sampai 8 berturut-turut lalu, setelah diklik akan muncul tampilan berikut klik Desktop – Pilih IP Configuration.



IP untuk masing-masing PC :

Device
IP Address
Subnet Mask
PC-0
192.168.10.1
255.255.255.0
PC-1
192.168.10.2
255.255.255.0
PC-2
192.168.10.3
255.255.255.0
PC-3
192.168.10.4
255.255.255.0
PC-4
192.168.10.5
255.255.255.0
PC-5
192.168.10.6
255.255.255.0
PC-6
192.168.10.7
255.255.255.0
PC-7
192.168.10.8
255.255.255.0

Setelah semua PC di setting IP Address nya, lalu sambungkan menggunakan kabel. Klik tools connection lalu pilih kabel :

Untuk mengkoneksikan peralatan yang berbeda, gunakan kabel straight-throughSetelah semua PC di setting IP Address nya, lalu sambungkan menggunakan kabel. Klik tools connection lalu pilih kabel :
§  Router-switch
§  Router-hub
§  PC-Switch
§  PC-Hub

Untuk mengkoneksikan peralatan yang sama, gunakan kabel Cross-Over
§  Router-Router
§  Router-PC
§  Switch-Switch
§  Switch-Hub


Untuk menghubungkan 2 ruangan kedalam satu jaringan maka di gunakan router. Tambahkan router dengan cara mengklik tools router di pojok kiri bawah, lalu hubungkan salah satu switch di ruangan 1 ke router dan switch di ruangan 2 dengan router yang tadi.


Tapi setelah dilihat ternyata dari switch di masing-masing ruangan yang terhubung di router belum tersambung, maka kita harus melakukan settingan router. Klik pada router, lalu klik pada CLI dan ketikkan perintah seperti gambar dibawah ini :


Setelah dilakukan penyetigan pada router, maka titik merah akan berubah warna menjadi hijau, yang artinya jaringan kedua ruangan sudah terhubung.

OUTPUT







LihatTutupKomentar