-->

Mengenai Teori Komputasi

Seiring perkembangan zaman perhitungan manusia pun semakin kompleks dan banyak, zaman berkembang begitu pula dengan perhitungan atas permasalahan tersebut  kebutuhan akan mesin penghitung makin dibutuhkan, jika berbicara mengenai perhitungan, pastilah kita memerlukan data apa saja yang akan kita hitung. 

Dengan perkembangan zaman, data yang dihitung juga berkembang, tidak stack pada satu jenis data saja. Bisa lebih dari beberapa data, puluhan, ratusan bahkan ribuan. Maka lahirlah komputer yang saat ini telah berkembang menjadi sebuah alat yang bisa melakukan banyak hal lebih dari sekedar perhitungan. Hal demikianlah yang membuat lahirnya sebuah cara yang disebut Komputasi.

Pengertian Teori Komputasi

Teori komputasi adalah cabang ilmu komputer dan matematika yang membahas apakah dan bagaimanakah suatu masalah dapat dipecahkan pada model komputasi, menggunakan algoritma. Bidang ilmu ini terutama membahas hal terkait komputabilitas dan kompleksitas, dalam kaitannya dengan formalisme komputasi.

Komputasi adalah algoritma yang digunakan untuk menemukan suatu cara dalam memecahkan masalah dari sebuah data input. Data input disini adalah sebuah masukan yang berasal dari luar lingkungan sistem. Komputasi ini merupakan bagian dari ilmu komputer berpadu dengan ilmu matematika. Secara umum ilmu komputasi adalah bidang ilmu yang mempunyai perhatian pada penyusunan model matematika dan teknik penyelesaian numerik serta penggunaan komputer untuk menganalisis dan memecahkan masalah-masalah ilmu (sains). 

Pada awalnya komputasi itu sendiri bagian dari pembelajaran matematika perhitungan dan komputasi itu dikerjakan secara manual menggunakan tabel, mengunakan pena, ataupun kapur batu tulis. tetapi untuk saat ini semakin berkembangnya suatu zaman dari sisi teknologi, komputasi bisa menggunakan komputer yang kita sebut sebagai komputasi modern.

Jadi, ilmu komputasi dapat diartikan sebagai bidang ilmu yang memperhatikan penyusunan model matematika dan teknik menggunakan komputer untuk menganalisis suatu pemecahan masalah.

Menurut pendapat saya, Teori Komputasi merupakan penggabungan dua cabang ilmu yaitu ilmu matematika dan ilmu komputer untuk memproses atau memecahkan suatu permasalahan dengan model matematika menggunakan algoritma. Dimana ilmu computer mempunyai tugas untuk menganalisa apa saja yang bisa dan tidak bisa dilakukan secara komputasi dan ilmu matematik sebagai penyusunan model.

Sumber
LihatTutupKomentar