-->

Komputasi Dalam Implementasinya

Implementasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk menguji data dan menerapkan sistem yang diperoleh dari kegiatan seleksi. Implementasi merupakan salah satu pertahanan dari keseluruhan pembangunan sistem komputerisasi dan unsur yang harus dipertimbangkan dalam pembangunan sistem komputerisasi yaitu masalah perangkat lunak, karena perangkat lunak yang digunakan haruslah sesuai dengan masalah yang akan diselesaikan disamping masalah perangkat keras.


Dalam penggunaan secara umum, komputasi biasanya berupa penerapan simulasi komputer atau berbagai bidang keilmuan, tetapi dalam perkembangannya digunakan juga untuk menemukan prinsip-prinsip baru yang mendasar terhadap bidang ilmu yang mendasari teori ini.

Implementasi Komputasi banyak digunakan untuk berbagai bidang. Seperti : Bidang Ekonomi, Matematika, Kimia, Fisika, Geografi dan Geologi.




Bidang Ekonomi
Implementasi pada bidang ekonomi adalah mempelajari agent-based computational modeling, computational econometrics dan statistika, komputasi keuangan, computational modeling of dynamic macroeconomic systems, pemrograman yang didesain khusus untuk komputasi ekonomi, dan pengembangan alat bantu dalam pendidikan komputasi ekonomi.Karena dibidang ekonomi pasti memiliki permasalahan yang harus dipecahkan oleh algoritma.

Terdapat Computational Economics yang mempelajari titik pertemuan antara ilmu ekonomi dan ilmu komputer mencakup komputasi keuangan, statistika, pemrograman yang di desain khusus untuk komputasi ekonomi dan pengembangan alat bantu untuk pendidikan ekonomi.

Bidang Matematika
Implementasi pada bidang matematika adalah menyelesaikan sebuah masalah yang berkaitan dengan perhitungan Matematis, namun dalam pengertian yang akan dibahas dalam pembahasan komputasi modern ini merupakan sebuah sistem yang akan menyelesaikan masalah Matematis menggunakan komputer dengan cara menyusun Algoritma yang dapat dimengerti oleh komputer yang berguna untuk menyelesaikan masalah manusia.

Terdapat numerical analysis yaitu sebuah algoritma dipakai untuk menganalisa masalah – masalah matematika. 

Bidang Kimia
Implementasi pada bidang kimia adalah menyelesaikan masalah kimia untuk mengetahui dan menghitung sifat-sifat molekul yang di simulasikan terhadap suatu sistem yang dihasilkan melalui program komputer dan diterapkan pada sistem kimia nyata, untuk menghitung besaran reaksi katalis pada senyawa kimia yang direaksikan.

Terdapat Computational Chemistry yaitu penggunaan ilmu komputer untuk membantu menyelesaikan masalah kimia, contohnya penggunaan super komputer untuk menghitung struktur dan sifat molekul.

Bidang Fisika
Implementasi pada bidang fisika adalah untuk memecahkan masalah-masalah penelitian yang sangat kompleks dan numerikal, salah satunya adalah pengolahan data, pemodelan dan simulasi sistem fisis. Komputasi pada ilmu fisika sangat membantu mencari solusi persamaan, differensial, dan analisis untuk memecahkan permasalahan teori kuantitatif fisika yang sudah ada.

Banyak perangkat lunak ataupun bahasa yang digunakan, baik MatLab, Visual Basic, Fortran, Open Source Physics (OSP), Labview, Mathematica, dan lain sebagainya digunakan untuk pemahaman dan pencarian solusi numerik dari masalah-masalah pada Fisika komputasi.

Terdapat Computational Physics yang mempelajari algoritma numerik untuk memecah kan teori kuantitatif fisika yang ada untuk mempelajari suatu gabungan antara Fisika, Komputer Sains dan Matematika Terapan untuk memberikan solusi pada “Kejadian dan masalah yang kompleks pada dunia nyata” baik dengan menggunakan simulasi juga penggunaan algoritma yang tepat. Pemahaman fisika pada teori, eksperimen, dan komputasi haruslah sebanding, agar dihasilkan solusi numerik dan visualisasi / pemodelan yang tepat untuk memahami masalah Fisika.Untuk melakukan pekerjaan seperti evaluasi integral, penyelesaian persamaan differensial, penyelesaian persamaan simultan, mem-plot suatu fungsi/data, membuat pengembangan suatu seri fungsi, menemukan akar persamaan dan bekerja dengan bilangan kompleks yang menjadi tujuan penerapan fisika komputasi. 

Bidang Geografi
Implementasi pada bidang geografi adalah untuk menyimpan, memanuipulasi dan menganalisa informasi geografi. Geografi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari tentang lokasi serta persamaan, dan perbedaan (variasi) keruangan atas fenomena fisik, dan manusia di atas permukaan bumi. Komputasi  dalam bidang geologi biasanya di gunakan untuk peramalan cuaca, di Indonesia khususnya ada salah satu instansi Negara dengan nama BMKG (Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika) yakni instansi negara yang meneliti mengamati tentang metereologi klimatologi kualitas udara dan geofisika supaya tetap sesuai dengan perundang undangan yang berlaku di Indonesia.

Terdapat GIS (Geographic Information System) yang berguna untuk menyimpan, memanipulasi dan menganalisa informasi geografi.

Bidang Geologi
Implementasi pada bidang geologi adalah untuk menganalisa bahan-bahan mineral yang biasanya digunakan pada pertambangan dalam sebuah system computer dan barang tambang yang terdapat di dalam tanah.

Geologi merupakan ilmu yang mempelajari bumi secara menyeluruh. Komputasi pada ilmu ini adalah menganalisa dan mengukur struktur bumi pada waktu yang ditentukan.

Sumber

LihatTutupKomentar