-->

IBM Indonesia Sebagai Salah Satu Perusahaan Yang Bergerak Di Bidang IT

Bisnis Informatika kian merambah di tengah-tengah masyarakat umum. Sejalan dengan kemajuan teknologi perusahaan- perusahaan semakin terpacu untuk memanfaatkan teknologi secara optimal sebagai senjata untuk tetap bertahan dan memenangkan persaingan yang kian hari semakin ketat. Bisnis ini sedang berkembang pesat dan menjadi salah satu bisnis yang menjanjikan, karena banyak perusahaan-perusahaan yang sudah pasti membutuhkan tenaga kerja di dunia informatika.

Bisnis informatika adalah suatu kegiatan yang dilakukan individu atau kelompok orang yang memiliki nilai (value) dengan tujuan mendapatkan keuntungan yang dilakukan dengan bantuan teknologi informasi. Teknologi informasi disini mencakup semua hal yang berkaitan dengan teknologi informasi seperti internet.

Sumber : ulpiupie.blogspot.com/2011/11/bisnis-informatika.html

Dengan menggunakan teknologi informasi diharapkan akan memberikan efektivitas dan keefisienan dari penjualan jasa atau produk tersebut. Secara umum bisnis informatika dibedakan menjadi 2 macam yaitu penjualan produk berupa hardware atau software dan penjualan jasa berupa software house, E-commerce, Infrastruktur Komputer dan IT consultant  dan lain sebagainya.

Sebagai salah satu contoh perusahaan yang bergerak pada bisnis informatika dalam bidang penjualan produk berupa hardware dan software adalah IBM


IBM (International Business Machines) adalah sebuah perusahaan Amerika Serikat yang memproduksi dan menjual perangkat keras dan perangkat lunak komputer. IBM didirikan pada tanggal 16 Juni 1911, beroperasi sejak 1888 dan berpusat di Armonk, New York, Amerika Serikat.

IBM adalah perusahaan teknologi informasi terbesar di dunia, dan salah satu yang terus berlanjut dari abad 19. IBM memliki lebih dari 330.000 pegawai di seluruh dunia dengan pendapatan U$$96 miliar (angka dari 2004). IBM memiliki teknisi dan konsultan lebih dari 170 negara dan laboratorium pengembangan yang berlokasi di seluruh dunia, disetiap cabang ilmu komputer dan teknologi informasi.

Mesin-mesin dan produk IBM yang sukses adalah Mainframe dengan sistem 370 (pada tahun 1960-an), IBM PC, AS/400 dan RS/6000 (1980-an), PowerPC CPU (1990-an, bekerja sama dengan Motorola, – sekarang Freescale).

Dalam tahun-tahun belakangan ini, pendapatan jasa dan konsultasi lebih besar dari produksi. Samuel J. Palmisano dipilih menjadi CEO pada 29 Januari 2002 setelah memimpin Jasa Global IBM, dan menolongnya menjadi bisnis dengan “backlog” US$100 miliar di 2004.

Pada 2002 perusahaan ini menguatkan kemampuan nasihat bisnisnya dengan mengambil alih perusahaan jasa konsultan tekemuka PricewaterhouseCoopers. Perusahaan ini terus memfokuskan usahanya di konsultasi jawaban bisnis, jasa dan perangkat lunak, dan juga menekankan chip harga tinggi dan teknologi perangkat keras. 

Pada 2002 perusahaan ini menguatkan kemampuan nasihat bisnisnya dengan mengambil alih perusahaan jasa konsultan tekemuka PricewaterhouseCoopers. Perusahaan ini terus memfokuskan usahanya di konsultasi jawaban bisnis, jasa dan perangkat lunak, dan juga menekankan chip harga tinggi dan teknologi perangkat keras.  Pada tahun 2004 IBM mempekerjakan sekitar 191.000 teknisi profesional. Yang termasuk 300-400 Teknisi Terkenal dan 50-60 “IBM fellow”, teknisi paling senior.

Pada 1 Mei 2005, divisi PC IBM secara resmi diambil alih oleh perusahaan Lenovo yang berpusat di Republik Rakyat Tiongkok. CEO IBM sekarang adalah Samuel J. Palmisano yang menggantikan Louis V. Gerstner sejak tanggal 29 Januari 2002. Louis V. Gerstner menjadi CEO IBM selama 10 tahun menggantikan John Ackers yang dipecat karena hampir membangkrutkan IBM pada tahun 1992. Sebelumnya Louis V. Gerstner bekerja untuk Nabisco.

Produk yang ditawarkan
Produk dari IBM mencakup keseluruhan teknologi informasi :

Perangkat keras

Mesin server
System P (Server Unix)
System I (Dulu namanya AS/400)
System X (Server dengan Prosesor intel/AMD)
Teknologi penyimpanan (storage) Pencetak


Perangkat lunak

DB2
:
pengelolaan data
WebSphere
:
aplikasi dan penengah (middleware)
Tivoli
:
pengelolaan sistem dan jaringan
Rational
:
pembuatan aplikasi
Lotus
:
kolaborasi dan portal

Jasa yang ditawarkan

Pelayanan (service)
Pelayanan kelangsungan bisnis
Pelayanan perubahan bisnis
Pelayanan sistem aplikasi
Perawatan komputer
Perawatan perangkat lunak

Area bisnis IBM
Kompleks kantor pusat IBM terletak di Armonk, Town of North Castle, New York, Amerika Serikat, dengan luas bangunan 26,300 m2. Kantor ini ditempati IBM sejak tahun 1964. IBM juga memiliki dua belas laboratorium penelitian di seluruh dunia-Almaden, Austin, Australia, Brazil, China, Dublin, Israel, India, Tokyo, Watson (New York), Zurich and Nairobi—dengan Watson sebagai markas pusat divisi riset dan menjadi pusat pertemuan tahunannya. IBM juga memiliki IBM Scientific Center, Hursley House, the Canada Head Office Building, IBM Rochester, dan the Somers Office Complex. Bangunan milik IBM, 330 North Wabash yang didesain oleh Ludwig Mies van der Rohe mendapatkan Honor Award dari National Building Museum pada tahun 1990.

Dewan Direksi IBM terdiri dari 14 anggota dan bertanggung jawab terhadap manajemen perusahaan. Salah satu anggotanya, Cathie Black, mundur pada November 2010. 13 anggota lainnya adalah: Alain J. P. Belda ’08 (Alcoa), William R. Brody ’07 (Salk Institute / Johns Hopkins University), Kenneth Chenault ’98 (American Express), Michael L. Eskew ’05 (UPS), Shirley Ann Jackson ’05 (Rensselaer Polytechnic Institute), Andrew N. Liveris ’10 (Dow Chemical), W. James McNerney, Jr. ’09 (Boeing), James W. Owens ’06 (Caterpillar), Samuel J. Palmisano ’00 (IBM), Joan Spero ’04 (Doris Duke Charitable Foundation), Sidney Taurel ’01 (Eli Lilly), and Lorenzo Zambrano ’03 (Cemex).

Jumlah pegawai IBM
Jumlah karyawan: 426.750 orang
Penghasilan per karyawan: US$ 234.000
Perolehan laba per karyawan: US$ 34.750

Partner IBM di Indonesia
Di Indonesia sendiri banyak sekali perusahaan-perusahaan IT yang bekerja sama dengan IBM Corporation. Perusahaan yang menjadi partner IBM di Indonesia, antara lain :

PT Adicipta Inovasi Teknologi
PT Anabatic Teknologi
PT Andalan Nusantara Teknologi
PT Asimetris Data Sentosa
PT Codephile Rekadaya Mandiri
PT Dua Empat Tujuh
PT Hanoman Cendekia Interaktif
PT Interna Prima
PT Mitra Infosarana
PT. Mitra Integrasi Komputindo
PT Multipolar Tbk
PT Multisoft Java Technologies
PT Niagaprima Pratama
PT Optus Solution
PT Prisma Global Solusi
PT Pundi Artha Setia
PT Simian Technologies
PT Solusi Integrasi Utama
PT Summitra Solusindo
PT SSK Indonesia
PT United Technologies

Omset Perusahaan IBM per Tahun
Menurut wikipedia, survey pada tahun 2011 untuk pendapat per tahun yang diperoleh IBM sekitar US$ 106,91 miliar.

Pendapatan
US$ 106,91  miliar
Laba Usaha
US$ 20,28    miliar
Laba Bersih
US$ 15,85    miliar
Jumlah Aset
US$ 116,43  miliar
Jumlah Ekuitas
US$ 20,13    miliar

Salah satu pelopor inovasi komputer asal Amerika Serikat ini menargetkan omset $40 miliar per tahun (Rp515 triliun) dari bisnis komputasi awan (cloud), penyimpanan data, sistem keamanan dan sektor lain mulai tahun 2018. Produk dan servis andalannya meliputi cloud, analytics, mobile, social dan security software. Target pemasukan sektoral $40 miliar per tahun setara dengan 44% dari total perkiraan omset dari seluruh lini bisnis IBM yang diumumkan oleh analis keuangan yakni sebesar $90 miliar di 2018 mendatang. 

Sumber :

www-01.ibm.com/software/id/bp/
LihatTutupKomentar