-->

Mengetahui Fungsi/Rumus Standar Pada MS Excel

Di jaman sekarang ini perkembangan zaman semakin serba teknologi, apalagi setelah munculnya Komputer pada waktu itu sangat mempengaruhi  kinerja manusia yang mana semakin hari semakin canggih, kebutuhan manusia pun sudah dapat terpenuhi dengan berbagai macam fitur khusunya pada Komputer.

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Untuk pengolah data berupa angka (aritmatika) kita butuh program aplikasi yang di gunakan yaitu Microsoft Excel. Microsoft Office yang dirancang untuk mengolah angka/data dan menyajikannya dalam bentuk tabel ataupun grafik

Microsoft Excel atau Microsoft Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini. 

Microsoft Office Excel memang dikenal dengan penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus yang efektif akan memudahkan kita dalam membuat laporan pekerjaan dengan menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan matematis yang sangat beragam fungsinya.


FUNGSI/ RUMUS PADA MS EXCEL

Fungsi VALUE 
Digunakan untuk merubah nilai value menjadi nilai text, penulisannya :
 =VALUE(text)

Fungsi FIND 
Digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor   yang  dicari,penulisannya :
=FIND(cari text,pada text,mulai nomor)

Fungsi MID
Digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya :
 =MID(text,posisi awal,jumlah karakter)

Fungsi REPLACE 
Digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),, penulisan :
 = REPLACE (…)

Fungsi CONCATENATE 
Digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string, penulisannya :
=CONCATENATE(text1,text2,…)

Fungsi MAX 
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya :
=MAX(number1,number2,…)

Fungsi STEDEV 
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =STEDEV(number1,number2,…)

Fungsi VAR 
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =VAR(number1,number2,…)

Fungsi LEFT
Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan hasil beberapa huruf paling kiri. Text di sini merujuk kepada text yang akan diambil. Bisa berupa nilai sel ataupun langsung diketikkan textnya di situ, tapi dengan menambahkan tanda petik dua (") di awal dan di akhir text, 
penulisannya : 
=LEFT(text)

Fungsi RIGHT
Fungsi ini adalah kebalikan dari fungsi LEFT, yaitu mengambil beberapa karakter yang dimulai dari kanan, penulisannya : 
=RIGHT(text)

Fungsi LEN
Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah karakter yang ada di dalam sebuah text, penulisannya :
=LEN(text)

Fungsi UPPER
Fungsi ini akan membuat semua text yang ada di sel menjadi huruf besar semua, penulisannya:
= UPPER(text)

Fungsi LOWER
Fungsi ini kebalikan dari fungsi UPPER, yaitu menjadikan huruf kecil semua, penulisannya:
=LOWER(text)

Fungsi PROPER
Fungsi ini akan membuat teks menjadi huruf besar di karakter pertama di setiap kata, penulisannya:
=PROPER(text)

Fungsi BAHTTEXT
Mengubah angka ke dalam bentuk teks. Namun hanya beberapa saja yang dapat di rubah, penulisan :
 =TTEXT(…)

Fungsi FACT
Menyatakan faktorial dari suatu bilangan, penulisan :
 =FACT(…)

Fungsi GCD
Menyatakan pembagi umum terbesar., penulisan :
=GCD(number1, number2,…)

Fungsi LN
Menyatakan logaritma natural dari suatu bilangan, penulisan :
=LN(number)

Fungsi RAND
Menyatakan jumlah real secara acak merata lebih besar dari atau sama dengan 0 dan kurang dari 1. Sebuah bilangan realbaru secara acak akan diperlihatkan setiap kali lembar kerjadihitung, penulisan :
=RAND(…)

Fungsi CEILING
Menyatakan jumlah pembulatan, jauh dari nol, ke kelipatan terdekatnya, penulisan :
 =CEILING(…)

Fungsi SQRT
Untuk menghitung akar dari bilangan yang positif tidak boleh negatif, penulisan :
=SQRT(…)

Fungsi INT (number)
 Untuk pembulatan angka ke bawah dari suatu nilai integer / bulat, penulisan :
 =INT(number)

Fungsi CHAR
 Untuk menyatakan karakter yang telah ditentukan menggunakan suatu kode angka, penulisan :
 =CHAR(number)

Fungsi SUM
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya : 
=SUM(number1,number2,..)

Fungsi AVERAGE
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata, penulisannya :
=AVERAGE(number1,number2,…)

Fungsi MIN
Digunakan untuk 
mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =MAX(number1,number2,…)

Fungsi HLOOKUP 
Digunakan untuk membaca tabel / range secara horizontal, penulisannya :
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)

Fungsi VLOOKUP
Digunakan untuk membaca tabel / range secara vertikal (VLOOKUP), penulisanya :
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)

Fungsi COUNTIF
Digunakan untuk menghitung jumlah cell dalam suatu range dengan ciri-ciri / kriteria tertentu, penulisannya :
=COUNTIF(range;kriteria).

Misal :  
Menghitung jumlah siswa yang tidak lulus ujian /remidi. =COUNTIF(D1:D45;”remidi”) maka dari contoh tadi keterangan siswa berada di range D1 sampai D45 dimana keterangannya remidi. Jadi, hasilnya adalah total siswa yang remidi.

Fungsi AND
Fungsi AND menghasilkan nilai TRUE jika semua argument yang di uji bernilai BENAR dan akan bernilai FALSE jika semua atau salah satu argument bernilai SALAH. Penulisan pada gambar ini.

Misal :
Peserta ujian dinyatakan lulus jika nilai ujian teori dan praktik masing-masing harus di atas 7, jika kurang dari 7 maka dinyatakan gagal.


Fungsi NOT
Fungsi not kebalikan dari fungsi AND, yakni menghasilkan TRUE jika kondisi yang di uji SALAH dan FALSE jika kondisi yang di uji BENAR
Penulisan : =NOT(argument)


LihatTutupKomentar