Di jaman sekarang ini perkembangan zaman
semakin serba teknologi, apalagi setelah munculnya Komputer pada waktu itu
sangat mempengaruhi kinerja manusia yang
mana semakin hari semakin canggih, kebutuhan manusia pun sudah dapat terpenuhi
dengan berbagai macam fitur khusunya pada Komputer.
Komputer adalah alat yang dipakai untuk
mengolah data menurut prosedur yang
telah dirumuskan. Kata computer pada awalnya dipergunakan untuk
menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika,
dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada
mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif
berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk
banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.
Untuk pengolah data berupa angka (aritmatika)
kita butuh program aplikasi yang di gunakan yaitu Microsoft Excel. Microsoft
Office yang dirancang untuk mengolah angka/data dan menyajikannya dalam bentuk
tabel ataupun grafik
Microsoft Excel atau Microsoft
Office Excel adalah sebuah program aplikasi lembar
kerja spreadsheet yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat
dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS. Aplikasi
ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan
strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel
sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer
mikro hingga saat ini.
Microsoft Office Excel memang dikenal dengan
penggunaan rumus-rumus atau formula dalam lembar kerjanya. Penggunaan rumus
yang efektif akan memudahkan kita dalam membuat laporan pekerjaan dengan
menggunakan MS Excel. Formula atau rumus MS Excel adalah keunggulan tersendiri
untuk aplikasi ini, dengan kemampuannya dalam mengolah data melalui perhitungan
matematis yang sangat beragam fungsinya.
FUNGSI/
RUMUS PADA MS EXCEL
Fungsi VALUE
Digunakan untuk merubah
nilai value menjadi nilai text, penulisannya :
=VALUE(text)
Fungsi FIND
Digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya :
Digunakan untuk menghasilkan posisi substring dari sebuah string atau suatu nomor yang dicari,penulisannya :
=FIND(cari text,pada text,mulai nomor)
Fungsi MID
Digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya :
Digunakan untu mengambil karakter tertentu dari sederet karakter, penulisannya :
=MID(text,posisi
awal,jumlah karakter)
Fungsi REPLACE
Digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),, penulisan :
Digunakan untuk menggantikan substring dengan substring lain dalam sebuah string (sederetan karakter atau karakter),, penulisan :
= REPLACE (…)
Fungsi CONCATENATE
Digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string, penulisannya :
Digunakan untuk menggabungkan string menjadi satu kalimat maksimal 30 string, penulisannya :
=CONCATENATE(text1,text2,…)
Fungsi MAX
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya :
Digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya :
=MAX(number1,number2,…)
Fungsi STEDEV
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =STEDEV(number1,number2,…)
Digunakan untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya : =STEDEV(number1,number2,…)
Fungsi VAR
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =VAR(number1,number2,…)
Digunakan untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya : =VAR(number1,number2,…)
Fungsi LEFT
Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan hasil beberapa huruf paling kiri. Text di sini merujuk kepada text yang akan diambil. Bisa berupa nilai sel ataupun langsung diketikkan textnya di situ, tapi dengan menambahkan tanda petik dua (") di awal dan di akhir text, penulisannya :
=LEFT(text)
Fungsi ini digunakan untuk mendapatkan hasil beberapa huruf paling kiri. Text di sini merujuk kepada text yang akan diambil. Bisa berupa nilai sel ataupun langsung diketikkan textnya di situ, tapi dengan menambahkan tanda petik dua (") di awal dan di akhir text, penulisannya :
=LEFT(text)
Fungsi RIGHT
Fungsi ini adalah kebalikan dari fungsi LEFT, yaitu mengambil
beberapa karakter yang dimulai
dari
kanan, penulisannya :
=RIGHT(text)
Fungsi LEN
Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah karakter yang ada di dalam sebuah text, penulisannya :
=LEN(text)
Fungsi ini digunakan untuk menghitung jumlah karakter yang ada di dalam sebuah text, penulisannya :
=LEN(text)
Fungsi UPPER
Fungsi ini akan membuat semua text yang ada di sel menjadi huruf besar semua, penulisannya:
= UPPER(text)
Fungsi ini akan membuat semua text yang ada di sel menjadi huruf besar semua, penulisannya:
= UPPER(text)
Fungsi LOWER
Fungsi ini kebalikan dari fungsi UPPER, yaitu menjadikan huruf kecil semua, penulisannya:
=LOWER(text)
Fungsi ini kebalikan dari fungsi UPPER, yaitu menjadikan huruf kecil semua, penulisannya:
=LOWER(text)
Fungsi PROPER
Fungsi ini akan membuat teks menjadi huruf besar di karakter pertama di setiap kata, penulisannya:
=PROPER(text)
Fungsi ini akan membuat teks menjadi huruf besar di karakter pertama di setiap kata, penulisannya:
=PROPER(text)
Fungsi BAHTTEXT
Mengubah angka ke dalam bentuk teks. Namun hanya
beberapa saja yang dapat di rubah, penulisan :
=TTEXT(…)
Fungsi FACT
Menyatakan faktorial dari suatu bilangan, penulisan :
=FACT(…)
Fungsi GCD
Menyatakan pembagi umum
terbesar., penulisan :
=GCD(number1, number2,…)
Fungsi LN
Menyatakan logaritma
natural dari suatu bilangan, penulisan :
=LN(number)
Fungsi RAND
Menyatakan jumlah real secara
acak merata lebih besar dari atau sama dengan 0 dan
kurang dari 1. Sebuah bilangan realbaru secara acak akan
diperlihatkan setiap kali lembar kerjadihitung, penulisan :
=RAND(…)
Fungsi CEILING
Menyatakan jumlah pembulatan, jauh dari
nol, ke kelipatan terdekatnya, penulisan :
=CEILING(…)
Fungsi SQRT
Untuk menghitung akar dari bilangan yang positif tidak boleh
negatif, penulisan :
=SQRT(…)
Fungsi INT (number)
Untuk pembulatan angka ke
bawah dari suatu nilai integer / bulat, penulisan :
=INT(number)
Fungsi CHAR
Untuk
menyatakan karakter yang telah ditentukan menggunakan suatu kode angka, penulisan
:
=CHAR(number)
Fungsi SUM
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya :
Digunakan untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya :
=SUM(number1,number2,..)
Fungsi AVERAGE
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata, penulisannya :
Digunakan untuk mencari nilai rata-rata, penulisannya :
=AVERAGE(number1,number2,…)
Fungsi MIN
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =MAX(number1,number2,…)
Digunakan untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =MAX(number1,number2,…)
Fungsi HLOOKUP
Digunakan untuk membaca tabel / range secara horizontal, penulisannya :
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
=HLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
Fungsi VLOOKUP
Digunakan untuk membaca tabel / range secara vertikal (VLOOKUP), penulisanya :
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
=VLOOKUP(lookup_value,table_array,row_index_num,…)
Fungsi COUNTIF
Digunakan untuk menghitung jumlah cell
dalam suatu range dengan ciri-ciri / kriteria tertentu, penulisannya :
=COUNTIF(range;kriteria).
Misal :
Menghitung jumlah siswa yang tidak lulus ujian /remidi.
=COUNTIF(D1:D45;”remidi”) maka dari contoh tadi keterangan siswa berada di
range D1 sampai D45 dimana keterangannya remidi. Jadi, hasilnya adalah total
siswa yang remidi.
Fungsi AND
Fungsi AND menghasilkan nilai TRUE jika semua
argument yang di uji bernilai BENAR dan akan bernilai FALSE jika semua atau salah
satu argument bernilai SALAH. Penulisan pada gambar ini.
Misal :
Peserta ujian dinyatakan lulus jika nilai ujian teori dan
praktik masing-masing harus di atas 7, jika kurang dari 7 maka dinyatakan
gagal.
Fungsi not kebalikan dari fungsi AND, yakni menghasilkan TRUE
jika kondisi yang di uji SALAH dan FALSE jika kondisi yang di uji BENAR
Penulisan : =NOT(argument)