-->

Strawberry Prolog : Membuat Splash Screen

       Pada tutorial kali ini akan dibahas mengenai Splash Screen yang merupakan suatu tampilan berupa text atau gambar atau kombinasinya sebagai loading progress dan gerbang masuk ke menu utama saat pertama kali aplikasi dijalankan dan juga sebagai pintu keluar dari menu utama aplikasi tersebut, dan tidak bersifat tetap.

Langkah pertama untuk memulai yaitu membuka aplikasinya terlebih dahulu, sampai muncul tampilan awal sebagai berikut : 


Lalu pilih menu di atas : File- New- Srawberry Project - Ok

 


LISTING PROGRAM & LOGIKA PROGRAM

?- 
window(G_pertama,_,win_pertama(_),"Window Splash Screen",50,50,700,700).
                win_pertama(init):-
                button(_,_,tombol_1(_),"Play", 110,185,60,30),
                button(_,_,tombol_2(_),"Stop", 359,180,180,30).

win_pertama(paint):- 
              %Play
                pen(50,rgb(128,128,128)),
                line(100,100,100,300),
                line(100,100,200,200),
                line(200,200,100,300),
                %Start
                pen(30,rgb(255,0,127)),
                line(250,100,250,300),
                line(300,100,300,300),
                %Pause
                pen(50,rgb(0,0,255)),
                line(350,100,350,300),
                line(350,100,550,100),
                line(550,100,550,300),
                line(550,300,350,300).
               
tombol_1(press):-
                window(G_kedua,_,win_dua(_),"Timer", 100,100,500,260).
                update_window(_).
               
                win_dua(init):-
                G_batas := 1,
                G_waktu is set_timer(_,1.0,fungsi_timer).
               
                fungsi_timer(end):-
                text_out(150,80,print("Loading :"+G_batas)),
                G_batas := G_batas +1,
                (G_batas = 10 ->
                close_window(G_kedua),
                window(G_ketiga,_,window_baru(_), "Image", 100,200,300,400)).

window_baru(paint):-

%atap
pen(4,rgb(62,17,238)),
line(70,150,50,170),
line(70,150,90,170),
line(50,170,90,170),
line(70,150,170,150),
line(170,150,190,170),
line(90,170,190,170),

%kerangka rumah
pen(4,rgb(248,33,33)),
line(50,175,50,205),
line(90,175,90,205),
line(190,175,190,205),
line(50,205,90,205),
line(90,205,190,205),

%beranda
pen(3,rgb(0,0,0)),
line(48,210,25,220),
line(25,220,220,220),
line(190,210,220,220),

%jendela
pen(1,rgb(0,0,0)),
line(100,180,100,190),
line(170,180,170,190),
line(100,180,170,180),
line(100,190,170,190),
line(135,180,135,190),

%pintu
pen(1,rgb(0,0,0)),
line(60,180,60,200),
line(80,180,80,200),
line(60,180,80,180),
pen(8,rgb(0,0,0)),
line(80,190,80,190),

%Bintang
pen(5,rgb(0,255,255)),
line(200,125,230,125),
line(215,115,200,140),
line(215,114,230,140),
line(230,125,200,140),
line(200,125,230,140).

update_window(_).
tombol_2(press):-
close_window(G_pertama).

1.      ?-
Perintah yang digunakan untuk setiap awal dari program untuk menjadi intrepeteur untuk merespon bagian koding selanjutnya. Tanpa symbol ini, PASTI program yang sobat buat akan error ketika di RUN.

2.      window(G_pertama,_,win_pertama(_),"Window Splash Screen",50,50,700,700).
Window disini digunakan untuk pembuatan kotak tampilan dan ”Window Splash Screen” adalah untuk pembuatan nama pada kotak tampilan dan 50,50,700,700 adalah untuk penentuan ukuran kotak tampilan.

3.      win_pertama(init):-
untuk memanggil window yang bernama win_pertama.

4.      button(_,_,tombol_1(_),"Play", 110,185,60,30),
membuat button dengan nama “Play” dengan ukuran tertentu.

5.      button(_,_,tombol_2(_),"Stop", 359,180,180,30).
membuat button dengan nama “Stop” dengan ukuran tertentu.

6.      win_pertama(paint):- 
untuk memanggil window baru dengan nama win_pertama.

7.    perintah dibawah merupakan kodingan dari pertemuan sebelumnya, yaitu membuat tombol play, pause dan stop.


8.      tombol_1(press):-
Merupakan perintah untuk menjalankan tombol_1atau play.

9.      window(G_kedua,_,win_dua(_),"Timer", 100,100,500,260).
Merupakan pembuatan window baru dengan nama Timer dengan ukuran window 100,100,500,260.

10.      update_window(_).

11.      win_dua(init):-
Merupakan perintah untuk memanggil window baru dengan nama win_dua.

12.      G_batas := 1,
Merupakan pendeklarasian variable dengan nama var G_batas yang diberi nilai awal 1, yaitu nanti akan memulai waktu dari detik ke 1.

13.      G_waktu is set_timer(_,1.0,fungsi_timer).
Merupakan waktu dalam pergerakan setiap detik, 1.0 berarti pergerakan waktu setiap detik.

14.      fungsi_timer(end):-
Merupakan nama fungsi dari timer yang dibuat.

15.      text_out(150,80,print("Loading :"+G_batas)),
Merupakan perintah untuk menampilkan text dengan koordinat tertentu, print yang artinya text yang ditampilkan, loading adalah text normal yang akan tampil.

16.      G_batas := G_batas +1,
Merupakan nilai integer yang akan berubah ubah sesuai pergerakan detik dengan langkah G_batas=G_batas+1 pertambahan satu setiap pergerakan detik.

17.      (G_batas = 10 ->
Merupakan perintah dimana window awal akan close dan muncul window baru (selanjutnya).

18.      close_window(G_kedua),
Merupakan kodingan untuk menutup window.

19.      window(G_ketiga,_,window_baru(_), "Image", 100,200,300,400)).
Merupakan perintah untuk membuat window baru dengan nama Image, dan fungsi window_baru dengan ukuran canvas 100,200,300,400.

20.      window_baru(paint):-
merupakan perintah untuk memangil window dengan nama window_baru ( yang berisi kodingan membuat rumah).


OUTPUT


Setelah di tekan tombol Play, maka akan muncul window berikut :

(tombol Stop untuk keluar dari window)









LihatTutupKomentar