Pada tutorial kali ini
akan dibahas mengenai Splash Screen yang merupakan suatu tampilan berupa text
atau gambar atau kombinasinya sebagai loading progress dan gerbang masuk ke
menu utama saat pertama kali aplikasi dijalankan dan juga sebagai pintu keluar
dari menu utama aplikasi tersebut, dan tidak bersifat tetap.
Lalu pilih menu di atas : File- New-
Srawberry Project - Ok
LISTING PROGRAM & LOGIKA PROGRAM
?-
window(G_pertama,_,win_pertama(_),"Window Splash
Screen",50,50,700,700).
win_pertama(init):-
button(_,_,tombol_1(_),"Play",
110,185,60,30),
button(_,_,tombol_2(_),"Stop",
359,180,180,30).
win_pertama(paint):-
%Play
pen(50,rgb(128,128,128)),
line(100,100,100,300),
line(100,100,200,200),
line(200,200,100,300),
%Start
pen(30,rgb(255,0,127)),
line(250,100,250,300),
line(300,100,300,300),
%Pause
pen(50,rgb(0,0,255)),
line(350,100,350,300),
line(350,100,550,100),
line(550,100,550,300),
line(550,300,350,300).
tombol_1(press):-
window(G_kedua,_,win_dua(_),"Timer",
100,100,500,260).
update_window(_).
win_dua(init):-
G_batas :=
1,
G_waktu is
set_timer(_,1.0,fungsi_timer).
fungsi_timer(end):-
text_out(150,80,print("Loading
:"+G_batas)),
G_batas :=
G_batas +1,
(G_batas =
10 ->
close_window(G_kedua),
window(G_ketiga,_,window_baru(_),
"Image", 100,200,300,400)).
window_baru(paint):-
%atap
pen(4,rgb(62,17,238)),
line(70,150,50,170),
line(70,150,90,170),
line(50,170,90,170),
line(70,150,170,150),
line(170,150,190,170),
line(90,170,190,170),
%kerangka rumah
pen(4,rgb(248,33,33)),
line(50,175,50,205),
line(90,175,90,205),
line(190,175,190,205),
line(50,205,90,205),
line(90,205,190,205),
%beranda
pen(3,rgb(0,0,0)),
line(48,210,25,220),
line(25,220,220,220),
line(190,210,220,220),
%jendela
pen(1,rgb(0,0,0)),
line(100,180,100,190),
line(170,180,170,190),
line(100,180,170,180),
line(100,190,170,190),
line(135,180,135,190),
%pintu
pen(1,rgb(0,0,0)),
line(60,180,60,200),
line(80,180,80,200),
line(60,180,80,180),
pen(8,rgb(0,0,0)),
line(80,190,80,190),
%Bintang
pen(5,rgb(0,255,255)),
line(200,125,230,125),
line(215,115,200,140),
line(215,114,230,140),
line(230,125,200,140),
line(200,125,230,140).
update_window(_).
tombol_2(press):-
close_window(G_pertama).
|
1. ?-
Perintah yang digunakan
untuk setiap awal dari program untuk menjadi intrepeteur untuk merespon bagian
koding selanjutnya. Tanpa symbol ini, PASTI program yang sobat buat akan error
ketika di RUN.
2. window(G_pertama,_,win_pertama(_),"Window
Splash Screen",50,50,700,700).
Window disini digunakan
untuk pembuatan kotak tampilan dan ”Window Splash Screen” adalah untuk
pembuatan nama pada kotak tampilan dan 50,50,700,700 adalah untuk penentuan ukuran kotak tampilan.
3. win_pertama(init):-
untuk memanggil window yang bernama win_pertama.
4. button(_,_,tombol_1(_),"Play",
110,185,60,30),
membuat button dengan nama
“Play” dengan ukuran tertentu.
5. button(_,_,tombol_2(_),"Stop",
359,180,180,30).
membuat button dengan nama
“Stop” dengan ukuran tertentu.
6. win_pertama(paint):-
untuk memanggil window baru
dengan nama win_pertama.
7. perintah dibawah merupakan kodingan dari
pertemuan sebelumnya, yaitu membuat tombol play, pause dan stop.
8. tombol_1(press):-
Merupakan perintah untuk
menjalankan tombol_1atau play.
9. window(G_kedua,_,win_dua(_),"Timer",
100,100,500,260).
Merupakan pembuatan window baru
dengan nama Timer dengan ukuran window 100,100,500,260.
10. update_window(_).
11. win_dua(init):-
Merupakan perintah untuk
memanggil window baru dengan nama win_dua.
12. G_batas := 1,
Merupakan pendeklarasian
variable dengan nama var G_batas yang diberi nilai awal 1, yaitu nanti akan
memulai waktu dari detik ke 1.
13. G_waktu is
set_timer(_,1.0,fungsi_timer).
Merupakan waktu dalam
pergerakan setiap detik, 1.0 berarti pergerakan waktu setiap detik.
14. fungsi_timer(end):-
Merupakan nama fungsi dari
timer yang dibuat.
15. text_out(150,80,print("Loading
:"+G_batas)),
Merupakan perintah untuk
menampilkan text dengan koordinat tertentu, print yang artinya text yang
ditampilkan, loading adalah text normal yang akan tampil.
16. G_batas := G_batas +1,
Merupakan nilai integer yang
akan berubah ubah sesuai pergerakan detik dengan langkah G_batas=G_batas+1
pertambahan satu setiap pergerakan detik.
17. (G_batas = 10 ->
Merupakan perintah dimana
window awal akan close dan muncul window baru (selanjutnya).
18. close_window(G_kedua),
Merupakan kodingan untuk
menutup window.
19. window(G_ketiga,_,window_baru(_),
"Image", 100,200,300,400)).
Merupakan perintah untuk
membuat window baru dengan nama Image, dan fungsi window_baru dengan ukuran
canvas 100,200,300,400.
20. window_baru(paint):-
merupakan perintah untuk
memangil window dengan nama window_baru ( yang berisi kodingan membuat rumah).
OUTPUT
Setelah di tekan tombol Play, maka akan muncul window berikut
:
(tombol Stop untuk keluar
dari window)