-->

Analisis Web : Pengukuran sebuah Web dengan Alexa Rank


Di Zaman sekarang ini sudah tidak asing lagi mendengar kata WEB, WEB yang merupakan kumpulan halaman-halaman situs yang menampilkan berbagai informasi yang dapat di akses melalui jaringan internet ini banyak di bicarakan, tentu jika begitu WEB sendiri mempunyai banyak fungsi dari sudut pandang yang berbeda-beda. Pada Zaman teknologi ini yang serba canggih, serba aplikasi tentu banyak orang yang telah dapat mengembangkan aplikasi-aplikasi untuk menganalisa sebuah web. Fungsi dari WEB sendiri ada beberapa, diantaranya sebagai berikut :
  1. Fungsi Psikologis
    Secara psikologis web ini menampilkan berbagai informasi yang dapat kita akses.
  2. Fungsi Ergonomis
    Dilihat dari fungsi ergonomisnya design web ini sudah sangat baik dan menarik.
  3. Fungsi Kecerdasan Buatan
    Tata letak dan gradasi warna yang diciptakan dapat menarik minat para pembaca/konsumen yang mengunjungi situs web.
  4. Fungsi Teknik penulisan
    Teknik penulisan pada web ini sudah sangat baik dan menarik sehingga para pengunjung web ini tidak merasa bosan untuk mengaksesnya.
  5. Fungsi Multimedia
    Berdasarkan fungsi multimedianya web ini sangat memperhatikan keunikan web.
  6. Fungsi Rekayasa Perangkat Lunak
    Pada web ini sudah dilengkapi dengan perangkat lunak yang dapat mempermudah para  pengunjung dalam mengakses fitur-fitur yang terdapat di web ini. 

ANALISIS WEB

Pada pembahasan kali ini, saya akan membahas tentang Analisis Web. Seperti judulnya Analisi Web berarti menganalisa sebuah Web, maksudnya menganalisa dengan mengetahui, ataupun mengukur suatu Web berdasarkan traffic atau algoritma. Disini terdapat contoh beberapa tools untuk mengukur sebuah Web, yang sudah saya lakukan dengan menggunakan Alexa Rank.

Analisis/analisa adalah kajian yang dilaksanakan terhadap sebuah topik guna meneliti struktur bahasa tersebut secara mendalam.

Analisis Web atau Web Analytics adalah proses pengumpulan data dan menganalisis konten web untuk mendapatkan informasi tentang bagaimana website digunakan atau dikehendaki pengunjung.

A.      Pengukuran Web ( Ukuran, Unjuk Kerja )
Salah satu teknik mengukur dan menguji suatu kinerja web adalah dengan mengukur pengalaman seseorang atau user experience pengunjung situs yang berinteraksi dengan halaman-halaman web yang berada di internet. 

Kinerja suatu web atau web performance sangat dipengaruhi oleh beberapa komponen-komponen dasar yang dibagi menjadi dua bagian penting, yaitu (1) dilihat dari gambaran transaksi web atau perspective transaction dan (2) gambaran komponen aplikasi atau application component perspective. Transaksi web atau web transaction lebih menitikberatkan pada sisi pengalaman pengguna atau user experience sedangkan komponen aplikasi lebih menitikberatkan pada komponen jaringan komputer atau computer network.

Pengalaman Pengguna (User experience), diantaranya adalah:
  1. Time to opening page (time_to_opening_page), maksudnya adalah mengukur, dari sisi pengguna, waktu yang dibutuhkan pada saat pertama kali membuka halaman web. Waktu dimulai dari aksi pertama setelah internet agent memutuskan untuk berpindah ke halaman berikutnya. Waktu berakhir ketika pesan opening page ditampilkan di Web browser status bar.
  2. Page download (page_download_time), maksudnya adalah waktu yang dibutuhkan antara ketika Web browser membuat sinyal opening page dan ketika Web browser akan menampilkan pesan done di status bar.
Tools-tools pengukur analisis web :
  1. SEO (Search Engine Optimization) adalah mengoptimalkan sebuah blog/web dengan memanfaatkan mesin pencari dan mendapatkan peringkat yang tinggi di halaman pertama mesin pencari dengan menggunakan keyword agar dibanjiri pengunjung yang datang dari search engine.
  2. GTmetrix merupakan sebuah situs dimana kita dapat mengetahui berbagai hal yang membuat blog/web kita lambat dan performa blog/web ketika akses, tersedia secara gratis dengan mengunakan yahoo Yslow dan Google page speed sebagai mesin penganalisa dan menampilkan hasil juga rekomendasi yang harus dilakukan.    
    • a. Kelebihan dari Gtmetrix :
    • Dapat membandingkan beberapa URL secara bersamaan
    • Dapat menjadwalkan pengecekan web/blog secara otomatis dan dapat menyimpan laporan  
     b. Kekurangan dari Gtmetrix :
    • Dalam penggunaan GTmetrix harus menggunakan koneksi internet yang cepat.
  3. Alexa Internet, Inc. adalah perusahaan yang berbasis di California yang mengoperasikan situs yang menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya. Alexa Internet didirikan pada tahun 1996 oleh Brewster Kahle dan Bruce Gilliat. Cara kerja Alexa rank Alexa memberikan peringkat ke sebuah situs berdasarkan jumlah pengunjung unik. Semakin rendah alexarank dari situs berarti situs memiliki sedikit pengunjung  unik. Jadi jika Anda bisa mendapatkan lebih banyak traffic ke situs Anda, Anda akan mendapatkan lebih rendah alexa rank.
       a. Kelebihan dari Alexa :
  • Alexa rank akan menampilkan tingkat popularitas dari sebuah situs web yang dibandingkan dengan web milik kita,termasuk jangkauan,tampilan halaman,dan masih banyak lagi.
  • Pencarian analisa akan menampilkan kepada kita yang merupakan syarat untuk kita untuk berkompetisi untuk mendapatkan sebuah traffic.
  • Data pengunjung akan menampilkan kepada kita apa yang menarik dari website kita yang dilihat oleh pengunjun – pengunjung website kita.
  • Data clickstream akan menampilkan kepada kita sebagai pemilik website dimana dalam mendapatkan traffic dari program keanggotaan dan kemitraan.

           b. Kekurangan dari Alexa :
  • Jika pengguna internet (pengakses situs anda tidak menginstal Alexa Toolbar di browsernya) maka sekalipun ada 1000 pengunjung situs anda dalam sehari, Alexa akan tetap menilai situs anda tidak ada pengunjungnya.
  • Jika dalam sehari ada yang mengakses situs anda 20 kali dengan alamat IP(Internet protocol) yang sama, maka akan dianggap situs anda hanya dikunjungi oleh 1 satu orang hanya dapat poin 1, akan berbeda jika situs anda dikunjungi oleh 20 orang dengan alamat IP berbeda (unik) maka situs anda akan memperoleh nilai 20 (nilai ini   hanya pengandaian, Alexa mempunyai formula sendiri dalam menentukan nilai sebuah web) .
Cara menggunakan Analisi Alexa Rank
  1. Masuk ke website www.alexa.com 
  2. Lalu masukan alamat web yang akan kita analisis, contoh disini yaitu website domino pizza : www.dominos.com
  3. Setelah itu klik GO, maka Alexa akan menampilkan data-data seperti global rank, traffic, page views, dll.
Hasil analisis Alexa Rank pada website Domino Pizza

   
  1. Pada gambar diatas menjelaskan bahwa data popularitas dari website www.dominos.com, dengan peringkatnya yang diperhitungkan menggunakan kombinasi dari rata-rata pengunjung per hari, dan page views selama tiga bulan ke belakang, website yang memiliki kombinasi jumlah pengunjung dan pegeviews tertinggi akan diberi peringkat Global Rank #1 sedangkan pada website www.dominos.com saat ini memiliki peringkat Global 2,294 yang artinya peringkat dunia dari semua website, dan memiliki peringkat 503 di US. Pada bagian bawah terdapat bounce ratenya dengan presentase 11.00% yaitu suatu nilai dalam presentasi jumlah pengunjung yang langsung meninggalkan website ini setelah membuka sebuah halaman. Lalu disamping kanan terdapat daily pageviews per visitor dengan angka 5.02, kemudian daily time on site 6:30 adalah waktu lama pengunjung tiap harinya mengunjungi website tersebut.
  2. Kemudian pada gambar diatas menjelaskan bahwa sebagian besar pengunjung www.dominos.com sekitar 95.9 % berasal dari US dan 1.9% dari India dan memiliki peringkat 502 di US sedangkan di India peringkat 16,976.
  3. Data pada gambar diatas merupakan hasil analisis terhadap website www.dominos.com kini setiap harinya di dunia yang telah mencari di berbagai search engine dengan keyword yang paling sering digunakan dalam pencarian web tersebut. Dalam website domino memiliki presentase 20.40%.
  4. Selanjutnya pada gambar diatas merupakan analisi terhadap beberapa situs dengan banyaknya pengunjung yang berbeda sebelum mengunjungi www.dominos.com.
  5. Gambar di atas adalah data jumlah website lain yang me-link ke website tersebut. Apabila ada beberapa link ke website yang sama maka hanya akan dihitung satu kali. Website www.dominos.com memiliki total 4,017 link yang tercantum pada website lainnya.
  6. Data analisis tersebut merupakan presentase banyaknya pengunjung yang mengunjungi domain ataupun subdomain dari website www.dominos.co. Lalu pada bagian bawah terdapat data hasil kecepatan akses website domino.



LihatTutupKomentar