-->

Dasar Pemrosesan Komputer




 Penjelasan dari skema di atas

Input                         
memasukkan data ke penyimpanan primer
CPU                                        
mengendalikan semua unit sistem komputer lain Dan mengubah input menjadi output
Unit Pengendali     
membuat semua unit bekerja sama sbg satu sistem
Penyimpanan primer
berisi data yang diolah dan program-program
ALU                
tempat berlangsungnya operasi perhitungan dan Logika (processor)
Unit Output             
hasil pengolahan
Penyimpanan sekunder     
menyimpan program dan data ketika tidak Digunakan (database)

Skema singkatnya     :
Data input yang masuk ke dalam penyimpanan primer akan di ambil oleh unit pengendali, lalu unit pengendali mendecode intruksi tersebut (menterjemahkan) ke dalam bahasa computer, ALU menerima data kemudin melakukan komputasi data, lalu menyimpannya kembali ke penyimpanan primer, data input yang tidak di operasikan di simpan dalam penyimpanan sekunder, lalu berakhir ke proses output.

Unit Input

Keyboard

Pengertian     :
Merupakan input device terpenting yang dalam suatu pengolahan data dengan komputer.

Fungsi : 
Keyboard berfungsi memasukkan data berupa huruf, angka, karakter/simbol, serta sebagai media bagi user untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan seperti menyimpan file.


Mouse

Fungsinya adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding keyboard (double click). Mouse terdiri dari tiga tombol yaitu tombol sebelah kiri (click), tombol tengah/tombol gulung (scrool), dan tombol kanan (right click).


Light Pen

Pengertian     :

Pointer elektronik yang digunakan untuk mendesain gambar dengan screen/layar monitor. Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke dalam komputer kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam sinyal elektronik setiap baris per detik.

Fungsi :
Untuk mendesain gambar dengan screen/layar monitor

Barcode

Pengertian     : Barcode termasuk dalam suatu unit masukan / input device.

Fungsi             :
Alat ini adalah untuk menyimpad suatu kode yang berbentuk garis - tebal vertikal yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka.

Alat pembaca Magnetis
Alat pembaca Magnetis yang pertama kali diperkenalkan adalah Magnetic Ink Character  Recognation (MICR). Alat ini hanya dapat membaca huruf-huruf yang ditulis pada kertas yang dibuat dengan tinta magnetis. Dapat membaca tulisan manusia maupun tulisan mesin. Alat ini banyak digunakan untuk mengecek dokumen-dokumen berharga agar sukar dipalsukan.

 Trackball

Pengertian     :
Merupakan perangkat yang sejenis dengan mouse atau stylus. Alat ini mirip mouse yang dibalik dan digunakan dengan menggelindingkan bolanya.

Fungsi :
Trackball memiliki fungsi yang sama dengan mouse, yaitu untuk memilih perintah-perintah dari menu tampilan grafis. Bedanya, jika ingin menggerakkan pointer mouse di layar diperlukan pergeseran mouse, sementara pada trackball dilakukan dengan menggulirkan bola trackball dengan jari ke arah yang dikehendaki.

 Touch Screen
Pengertian     :
Touchscreen merupakan sebuah display/layar yang digunakan untuk mengetahui keberadaan dan lokasi suatu “sentuhan” di dalam suatu area dengan membaca titik-titik koordinat dari sumber sentuhan yang menempel pada layar. Terminologi ini mengacu pada kontak atau sentuhan pada layar dengan menggunakan jari atau tangan. Teknologi ini juga bisa mengetahui sentuhan dari obyek pasif seperti stylus dan sejenisnya. 

Fungsi :
Digunakan untuk menampilkan informasi grafikal dan visual yang merupakan output dari sebuah perangkat komputer.

RTU (Remote Terminal Unit)
Pengertian     :
adalah suatu komponen dari suatu system pengendalian tenaga listrik yang merupakan perangkat elektronik.

Fungsi :
sebagai perangkat yang diperlukan oleh pusat kontrol untuk mengakuisisi data-data, rangkaian proses untuk melakukan remote control, telesingnal dan telemetering. RTU juga memberitahu kepada pusat control apabila terjadi gangguan-gangguan pada gardu induk, gardu distribusi dan gardu hubung dan pusat control melakukan tidakan pencegahan. Untuk berhubungan dengan pusat control RTU membutuhkan media telekomunikasi, media telekomunikasinya adalah Gelombang radio, Kabel Kontrol dan Fiber optic.


Unit Output

Display Screen / Monitor
Pengertian     :
Monitor adalah suatu alat yang digunakan sebagai output data tampilan grafis pada komputer tersebut. maka dari itu monitor juga sering di sebut sebagai layar tampilan komputer.

Fungsi :
Berfungsi untuk menampilkan (output) data atau informasi dalam bentuk gambar dan teks

Speaker / Alat Output Suara
Pengertian     :
Perangkat elektronika yang terbuat dari logam dan memiliki membran, kumparan, serta magnet sebagai bagian yang saling melengkapi. Tanpa adanya membran, sebuah speaker tidak akan mengeluarkan bunyi, demikian juga sebaliknya.

Fungsi :
Speaker secara keseluruhan adalah mengubah gelombang listrik dari perangkat penguat audio menjadi gelombang suara atau getaran.

Printer Komputer
Pengertian     :
Printer adalah perangkat keras (hardware) dimana perangkat itu akan bekerja apabila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer, yang bisa digunakan untuk keperluan mencetak tulisan, gambar, dan grafik ke dalam bentuk kertas atau sejenisnya. Printer itu sendiri saat ini sering digunakan untuk mencetak dokumen penting baik itu perusahaan ataupun organisasi sekolah dan lain sebagainya. 

Fungsi :
Fungsi printer adalah untuk mencetak tulisan, gambar, grafik, dan data lainnya dari komputer ke media kertas atau sejenisnya.

Plotter
Plotter merupakan jenis printer yang dirancang secara khusus guna menghasilkan output komputer yang berupa gambar ataupun grafik. Dengan menghubungkan plotter pada sistem komputer, maka pelbagai bentuk gambar akan dapat disajikan secara prima. Landscape-arsitektur banyak menggunakan plotter guna menghasilkan gambar landscape, potongan pohon, ataupun untuk membantu memvisualisasikan efek dari segala kegiatan yang ada. 

Computer Output Microfilm (COM)

Computer Output Microfilm (COM) adalah piranti yang dapat menghasilkan gambar dalam gulungan mikrofilm atau pada microfiche yang berisi banyak halaman dalam setiap lembar.

Control Processing Unit (CPU)

Primary Storage ( Penyimpanan Primer )

Merupakan Penyimpanan Primer, dicirikan dengan:
*Kecepatan akses yang lebih tinggi
*Kapasitas terbatas/kecil
*Dapat diakses langsung oleh CPU
*Harga mahal
*Memori utama
*Volatile storage

Primary Storage terdiri dari 4 bagian yaitu, Primary Storage Section:
*Input Storage Area
*Program Storage Area Section
*Working Storage Area
*Output Storage Area

Primary Storage
1. Input Storage Area, Untuk menampung data yang dibaca
2. Program Storage Area           , Penyimpanan intruksi-intruksi untuk pengolahan.
3. Working Storage Area            , Tempat dimana pemrosesan data dilakukan.
4. Output Storage Area, Penyimpanan informasi yang telah di olah untuk Sementara waktu sebelum di salurkan ke alat-   alat output

Jenis Primary Storage

RAM (Read Access Memory) adalah main memory yang dapat:
*Baca dan tulis dengan data atau program dari Secondary Storage atau alat  input.
*Bersifat volatile.

ROM (Read Only Memory)
*Memory yang hanya dapat dibaca, pengisian ROM dengan program maupun data, dikerjakan oleh parbik degan tujuan khusus.  
*Bersifat non volatile.
       
Jenis Read Only Memory (ROM)       :
1.      PROM (Programmable Read Only Memory)
a.       Dapat diisi data/program oleh user.
b.      Data/diprogram akan disimpan secara permanen.

2.      EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory)
a.       Data dapat diisi/program oleh user.
b.      Data/diprogram dapat dihapus.

3.      EEPROM (Elctrically Erasable Programmable Read Only Memory)
a.       Dapat diisi data/program oleh user secara elektrik.
b.      Data/diprogram juga bisa dihapus secara elektrik.


Control Unit ( Unit Pengendali )
Control Unit merupakan bagian yang berfungsi sebagai pengatur dan mengatur dan pengendali semua peralatan computer, Control Unit juga mengatur kapan alat input menerima data, mengolah, dan menampilkan proses serta hasil pengolahan data. Dengan demikian semua perintah dapat dilakukan secara berurutan tanpa adanya tumpang tindih antara satu perintah dengan perintah lainnya. melakukan pengontrolan dan pengendalian terhadap suatu proses yang dilakukan sebelum data tersebut dikeluarkan (output). Selain itu CU menafsirkan perintah dan menghasilkan sinyal yang tepat untuk bagian lain dalam sistem komputer, mengatur kapan alat input menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan dari program computer.

ALU
Arithmetic Logic Unix merupakan bagian pengolah bilangan dari sebuah komputer. Di dalam operasi aritmetika ini sendiri terdiri dari berbagai macam operasi diantaranya adalah operasi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Mendesain ALU juga memiliki cara yang hampir sama dengan mendesain enkoder, dekoder, multiplexer, dan demultiplexer ALU terdiri dari register-register untuk menyimpan informasi.Operasi arithmatic dan logic terbagi dalam 4 kelas, yaitu decimal arthmatic, fixed point arithmatic, floating point arithmatic, dan logic operation.

Arithmetic Logical Unit merupakan unit penalaran secara logic. ALU ini adalah merupakan Sirkuit CPU berkecepatan tinggi yang bertugas menghitung dan membandingkan. Angka-angka dikirim dari memori ke ALU untuk dikalkulasi dan kemudian dikirim kembali ke memori. Jika CPU diasumsikan sebagai otaknya komputer, maka ada suatu alat lain di dalam CPU tersebut yang kenal dengan nama Arithmetic Logical Unit (ALU), ALU inilah yang berfikir untuk menjalankan perintah yang diberikan kepada CPU tersebut.

Arithmatic Logical Unit (ALU):
*Bertugas membentuk fungsi – fungsi pengolahan data komputer.
*ALU sering disebut mesin bahasa (machine language) karena bagian ini mengerjakan instruksi – instruksi bahasa mesin yang diberikan padanya
*ALU terdiri dari dua bagian, yaitu unit arithmetika dan unit logika boolean, yang masing – masing memiliki spesifikasi dan tugas tersendiri.

Siklus / skema dalam CPU :
*Instruksi diambil dari primary storage oleh Control Unit
 *Control Unit mendecode instruksi tersebut (menerjemahkan/menafsirkan) ke dalam bahasa computer (binary numbers)
*ALU menerima data kemudian melakukan komputasi data atau melakukan perbandingan
*Hasilnya disimpan dalam primary storage

Perangkat Lunak (Software)

System Software
System software adalah  Program yang mengatur semua operasional dalam komputer.  Berfungsi sebagai antar muka antara user, software aplikasi dan hardware komputer. Tugas utama lain dari system software adalah menjembatani antara software-software lain ke dalam bahasa mesin sehingga dapat diterima oleh hardware. System software bertanggung jawab mengatur berbagai hardware agar dapat bekerja secara bersama-sama.

a.     Operating System
Sistem Operasi merupakan software pertama yang terdapat pada memori komputer pada saat komputer dijalankan. Sedangkan software-software lainnya akan dijalankan setelah sistem operasi berjalan terlebih dahulu. Setelah itu sistem operasi akan melakukan pelayanan terhadap software-software tersebut.
b.     Program Utility
Program Utility adalah program-program (dalam hal ini pada Windows) yang memiliki kegunaan yang besar untuk berbagai macam kebutuhan.Pada program utility terbagi menjadi dua jenis yakni program Utility internal (bawaan dari Windows), ada yang eksternal (program lain). memungkinkan user untuk mengcopy, menghapus, mengurutkan isi file, menggabungkan 2 file atau lebih dan mengendalikan arus data antara user dan komputer.
c.       Language Translator
adalah program yang disediakan untuk menterjemahkan Source Program menjadi Object Program (bahasa mesin).


Application Software
Program-program yang dirancang untuk menjadikan para pengguna lebih produktif dan/atau membantu mereka untuk mengerjakan tugas-tugas perorangan, yang memiliki aktivitas pemrosesan perintah yang diperlukan untuk melaksanakan permintaan pengguna dengan tujuan tertentu.

a.       Costum Package
Perangkat lunak yang diproduksi secara massal dan dilindungi hak cipta, yang dapat memenuhi kebutuhan dari beraneka ragam pengguna.
Disebut juga Software lisensi (Closed-source software).
b.      Prewritten Package
Membeli paket jadi (prewritten package), Contoh : Groupware, sistem surat elektronik, sistem manajemen proyek, paket analisis statistic & perkiraan (forecasting), word processor, spread sheet elektronik, paket2 grafik dan system desktop publishing. 


LihatTutupKomentar