-->

Pemanfaatan aplikasi Groupboard sebagai New Media dalam Bidang Pendidikan


Definisi New Media

Arti dari new media adalah perantara baru. Pengartian secara istilah adalah perubahan media yang dulu dalam media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dan komputer dan internet secara khususnya.

Sumber
http://komunikasi.us/index.php/course/perkembangan-teknologi-komunikasi/1577-definisi-new-media

Jadi New Media atau Media Baru bisa diartikan sebagai sesuatu yang menjadi perantara untuk seseorang mendapatkan informasi dari sumbernya tetapi perantara ini masih dibilang baru. Manfaat dari New Media sendiri ialah memudahkan seseorang untuk memperoleh sesuatu yang kita inginkan melalu perantara. Contohnya, saya sebagai mahasiswa bisa mendapatkan materi perkuliahan dengan mudah dan cepat serta tidak mahal melalui internet, dan berbagai macam aplikasi yang ada yang menyediakan informasi yang diinginkan.

New Media dalam bidang Pendidikan

New Media dalam bidang Pendidikan merupakan sarana belajar untuk dapat saling bertukar informasi bahkan dapat digunakan untuk mencari sumber informasi yang dapat mempermudah sistem pembelajaran seperti mendapatkan informasi dari internet, atau menggunakan aplikasi untuk perantara mendapatkan suatu informasi, seperti halnya  apikasi Groupboard.

Groupboard

Terkadang kerja kelompok dapat menyita waktu, apalagi dengan jadwal kuliah yang sangat padat, kita kebingungan mencari waktu kosong untuk dapat berkumpul dengan sesama anggota kelompok. Di jaman teknologi sekarang ini yang semakin berkembang, kita tidak susah lagi untuk mencari waktu kosong dan kebingungan lagi kapan bertemu dan berkumpul untuk mengerjakan tugas kelompok, karena android telah menyediakan aplikasi Groupboard.

Groupboard merupakan aplikasi papan tulis yang dioperasikan secara online, ini sangat berguna bagi tugas kelompok, kita di kelompok yang sama dapat mengakses papan tulis ini dari tempat yang berbeda, ini berarti bahwa kita tidak perlu lagi berkumpul bersama di waktu dan tempat yang di janjikan untuk mengerjakan tugas, namun kita dapat merencanakan tugas tersebut di rumah masing-masing dan menguploadnya ke papan Groupboard untuk dapat di lihat oleh sesama anggota kelompok.

Aplikasi ini mudah digunakan, hanya mulai app dan kemudian menggambar pada layar dan menyeretnya dengan jari, menggunakan dua jari (gerakan mencubit) untuk memperbesar atau memperkecil dan gulir. Untuk dapat terhubung dengan orang lain klik tab connect.

Didalamnya terdapat fitur termasuk kemampuan untuk mengubah warna, bentuk, lebar garis. Login sebagai administrator untuk kemampuan untuk melarang pengguna dan menghapus gambar.

Ketika pertama kali memakai aplikasi secara otomatis akan terhubung ke 5 orang lain, 15-50 pengguna Groupboard.

FITUR
  • Real-time multi-user bersama papan tulis: ketika pengguna lain yang terhubung ke sama Groupboard semua orang akan melihat apa yang dilakukan oleh pengguna lain.
  • Shake untuk menghapus.
  • Upload foto dari galeri ponsel atau mengambil foto dengan kamera dan menarik di atasnya.
  • Beberapa tools / warna, termasuk transparansi alpha.
  • Alat penghapus Opsional.
  • Masuk sebagai admin untuk melarang pengguna atau menghapus gambar.
  • Cari papan menggunakan 'siapa yang ada di saat ini' dan 'top 100 papan' dan tombol pencarian di tab connect.

Menggunakan aplikasi Groupboard
  • Ketika kita klik icon Groupboard maka akan langsung masuk pada menu berikut :

Ini merupakan whiteboard , disini kita bisa membuat gambar, menulis, membuat suatu bentuk maupun mengubah warna.

  • Klik icon  pada pojok kiri bawah, maka akan muncul menu seperti gambar berikut :
Disana terdapat fitur untuk merubah ukuran huruf, terdapat tool dan merubah warna.
  • Setelah itu masuk ke tab chat, disini kita bisa melakukan chatting bersama orang yang kita ajak untuk chat, bisa dengan orang yang kita kenal maupun orang yang tidak kita kenal yang berada disekitar kita/ yang online.

  • Lalu masuk ke tab option, disini kita bisa melakukan settingan untuk (lihat pada gambar) jika kita menginginkannya lakukan checklist.
  • Kemudian masuk ke tab connect.

Disini kita bisa melihat bahwa kita terkoneksi dengan server dari Groupboard tersebut, dibawahnya terdapat 4 button, diantaranya :

Untuk mengkoneksikan

Untuk mengundang pengguna yang kita inginkan

Membuat board/grup untuk memulai obrolan.

Untuk mencari grup yang sudah tersedia/online, jika di klik maka akan muncul :


Nah disana terdapat board Groupboard Demo, Groupboard, dan math itu merupakan grup yang sudah kita simpan, lalu pada top 100 itu merupakan grup-grup yang sudah ada/online, kita bisa join :


Bila sudah memulai di whiteboard, maka kita akan berhubungan dengan sesama pengguna yang online, juga bisa berinteraksi melalu papan yang sama :


Kita berada pada grup Groupboard demo dengan 3 pengguna yang online, di papan ini kita bisa melakukan interaksi melalu teks, gambar, mengubah warna, menghapus apapun yang dilakukan oleh anggota dalam grup ini.

Kelebihan dan Kekurangan pada aplikasi Groupboard

Kelebihan dari aplikasi ini pastinya ini akan mengefisienkan waktu kerja kelompok apalagi jika terdapat banyak tugas kelompok yang harus diselesaikan, selain itu kita dapat mengunggah dokumen ataupun gambar untuk menunjang tugas dan melakukan chatting disana.

Kekurangann dari aplikasi ini, tidak terdapat fitur voice note sehingga kita hanya dapat bertukar informasi dalam bentuk teks maupun gambar saja. Kedepannya saya berharap aplikasi ini dapat dikembangkan lagi dengan menambah fitur voice note supaya terkesan kita sedang berkumpul.



















LihatTutupKomentar