-->

Menyampaikan Pesan Melalui Media Grafis "Temukan Jalanmu"

Saat ini banyak orang menyampaikan pesan melalui gambar. Gambar menjadi salah satu hal yang melekat dengan manusia, dari mulai gambar hasil tangan sendiri seperti mencorat-coret, lukisan, ataupun melalu software tertentu.

Definisi Desain Pemodelan Grafik

Desain pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra.

Definisi Desain Grafik

Desain grafik adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakupi seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.

Sumber 
http://renaldi-eha.blogspot.co.id/2015/10/pengenalan-desain-pemodelan-grafik.html

Definisi Desain Komunikasi Visual

Seni menyampaikan pesan (arts of communication) dengan menggunakan bahasa rupa (visual language) yang disampaikan melalui media berupa desain yang bertujuan menginformasikan, mempengaruhi hingga merubah perilaku target audience sesuai dengan tujuan yang diwujudkan. Sedang bahasa rupa yang dipakai berbentuk grafis, tanda, simbol, ilustrasi gambar dan sebagainya.

Sumber 
https://designideasdkv1.wordpress.com/apa-itu-desain-komunikasi-visual/

Inilah desain yang akan saya buat dan manipulasi yang memiliki salah satu fungsi dari desain komunikasi visual yaitu untuk memberi penerapan (to enlighten) yang mencakup : membuka pikiran dan menguraikan.


“Temukan jalanmu” merupakan tagline tentang hidup, dimana masing-masing manusia mempunyai jalannya sendiri untuk menjalani hidupnya, mempunyai caranya sendiri, mempunyai masalah yang berbeda-beda dimana masalah tersebut harus di pecahkan atau dilalui begitu saja tergantung masing-masing manusia menjalaninya seperti apa, yang paling penting manusia itu sendiri memiliki akhir yaitu tujuan hidupnya. Jadi, temukan jalanmu untuk mencapai tujuan hidupmu.

Unsur Desain Grafis

Di tinjau dari bentuknya

Bentuk diatas menggambarkan dua kepala, yaitu laki-laki dan perempuan yang saling berlawanan, kenapa laki-laki dan perempuan ? Karena manusia tercipta laki-laki dan perempuan.

Didalam kepala tersebut terdapat pohon yang terbentuk dari puzzle . Kenapa ? Karena masalah hidup yang kita dapat biasanya dipikirkan di dalam otak, di dalam kepala manusia.

Kenapa harus puzzle ? Karena puzzle  menggambarkan masalah-masalah yang biasanya kita hadapi, masalah sebanyak apapun serumit apapun manusia mempunyai caranya sendiri untuk menyusunnya, membentuknya agar dapat mencapai tujuannya (menyelesaikan masalahnya).

Kenapa digambarkan pohon yang bercabang ? Karena menjalani hidup tidak selalu lurus, banyak sekali masalah yang harus kita hadapi, masalah tersebut digambarkan dari cabang pohonya, dan cabang yang membentuk tangan merupakan pencapaian tujuan masalah yang sudah terselesaikan.

Kenapa di atas kepala masih terdapat susunan puzzle yang belum tersusun ? Karena setelah manusia dapat menyelesaikan masalah, akan selalu muncul dan muncul masalah baru, masalah yang harus kita susun lagi, masalah yang harus kita capai lagi tujuannya. Disinilah kita harus menemukan jalan untuk mencapai tujuan hidup.

Di tinjau dari warnanya

Warna peach untuk kepala
Karena merupakan warna yang sederhana, yang dingin, yang calm  dimana setiap masalah itu bisa diselesaikan dengan santay dengan kepala dingin.

Warna-warni untuk pohon
Menggambarkan betapa rumitnya masalah dan betapa banyaknya masalah itu.

Warna puzzle biru
Menggambarkan warna langit, karena posisi untuk puzzle tersebut berada diatas, diatas langit masih ada langit, diatas masalah masih ada masalah.

Warna putih untuk background
Karena manusia terlahir dengan suci.

Warna coklat untuk tagline
Menyeimbangkan dengan gambar tersebut.


Desain yang saya buat mengikuti definisi/ teori dari

Coirul Amin
Desain adalah kerangka bentuk, rancangan, motif, pola, corak

Jessica Helfan
Desain grafis adalah kombinasi kompleks kata-kata dan gambar, angka-angka dan grafik, foto-foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus, sangat berguna mengejutkan atau subversive atau sesuatu yang mudah diingat

Sumber
http://www.lintas3d.com/2015/08/pengertian-desain-grafis-menurut-ahli.html
LihatTutupKomentar